Medali Olimpiade Tokyo Gunakan Ponsel Daur Ulang

Sekolahnews.com – Terungkap, hanya 1,2 persen dari medali emas yang dibagikan di Olimpiade Tokyo adalah emas sebenarnya.

Sisanya, 98,8 persen persen lainnya adalah perak, menurut Compound Interest, sebuah situs komunikasi sains yang meneliti senyawa kimia.

Artinya, setiap medali emas seberat 1,2 pon hanya mengandung 6,7 gram emas.

Selama Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, medali emas juga mengandung sekitar 6 gram emas, dilaporkan CNN.

Medali itu sendiri sekitar sepersepuluh pon lebih ringan daripada yang diberikan di Tokyo, dilansir dari Insider, Senin (2/8/2021).

Hanya medali perak pada pertandingan tahun ini, yang beratnya sama dengan medali emas, seluruhnya dibuat dari nama mereka.

Lebih ringan, medali perunggu seberat 1 pon, perunggu adalah campuran tembaga dan timah, adalah 95 persen tembaga dan 5 persen seng.

Menariknya, Jepang menghasilkan 5.000 medali emas, perak, dan perunggu untuk Olimpiade Tokyo menggunakan perangkat elektronik daur ulang seperti ponsel yang disumbangkan oleh orang-orang di seluruh negeri.

Selama rentang waktu dua tahun, Proyek Medali Tokyo 2020 mengumpulkan 78.985 ton perangkat elektronik, termasuk 6,21 juta ponsel, dari seluruh Jepang.

Perangkat dipanaskan untuk melelehkan dan mengekstrak logam di dalamnya, yang menghasilkan 70,5 pon (32 kilogram) emas, 7.716 pon (3.500 kg) perak, dan 4.850 pon (2.200 kg) perunggu.

Dibutuhkan hingga 40 ponsel untuk menyelamatkan satu gram emas, Compound Interest melaporkan.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade bahwa medali seluruhnya terbuat dari logam daur ulang, meskipun 30 persen medali perak dari Olimpiade 2016 berasal dari perak daur ulang dari suku cadang mobil dan kaca spion.(suara.com).