Mendikbud: Dongeng Bangun Imajinasi Anak

SekolahNews — Jakarta, Pada Hari Dongeng Nasional dan Pekan Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Direktorat Jenderal Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan mendongeng bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dan Ibu Menteri Franka Nadiem Makarim di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, pada Selasa (26/11/2019) yang dikutip dari kemendikbud.go.id.

Menurut Mendikbud Nadiem Makariem, mendongeng ini dapat membangun imajinasi anak yang akan menentukan kesuksesan mereka di masa depan. “Makna mendongeng adalah agar adek-adek semua senang dan mencintai cerita, buku, dari cerita – cerita itu lah kita menciptakan imajinasi di dalam otak. Kemampuan dalam berpikir dan membayangkan hal – hal di otak kita adalah kunci kesuksesan di masa depan,” ujar Mendikbud.

Baca juga: Dikabarkan Jadi Menteri, Ini Profil Nadiem Makarim

Mendongeng tidak hanya kegiatan untuk menidurkan anak tetapi dapat meningkatkan perkembangan pada otak kanan anak, psikologis, kecerdasan emosional serta meningkatkan imajinasi pada anak.

Bacaan dongeng membuat anak-anak berimajinasi, bermimpi tentang bermacam hal yang tentunya berguna membentuk karakter dan bisa memicu kreativitas anak.

Pada kesempatan ini, Ibu Mendikbud Franka Nadiem Makarim membacakan cerita yang berjudul Si Kancil kepada siswa siswi kelas 1 hingga kelas 3 Sekolah Dasar (SD) dari SD Islam Terpadu Darul Himah, SD Strada Pelita II, SD Cita Kasih Tzu Chi, dan SD N 011 Pagi Jakarta. “Saya akan menceritakan Si Kancil yang sebenar – benarnya,” kata Ibu Mendikbud.

Cerita Si Kancil ini belum banyak diceritakan orang. “Di sini Si Kancil diceritakan menjadi sosok yang baik dan suka berbagi kepada teman – temannya,” jelasnya.