Menelusuri Perbukitan Chamba

Perbukitan Chamba Himachal Pradesh berada pada ketinggian sekitar 1.006 meter di pertemuan sungai Ravi dan anak sungainya, sungai Sai. Dikelilingi Himalaya yang megah, Chamba menyuguhkan pemandangan-pemandangan yang tak terlupakan dan gak bisa kamu lewatkan! Selain panoramanya, kota ini memiliki beberapa situs arsitektur kuno, termasuk kuil dan istana yang melambangkan masa lalu yang gemilang.

Bandara terdekat ke Chamba adalah Bandara Kangra, di Gaggal, yang menyediakan penerbangan dari Chandigarh dan Delhi. Dari situ kita bisa naik taksi atau bus untuk mencapai Chamba.Stasiun kereta Pathankot, 120 km dari Chamba merupakan stasiun paling dekat.HRTC memiliki layanan bus reguler dari kota-kota besar di Punjab, Delhi, dan Haryana. Halte bus terletak di tengah-tengah Chamba.

Sepanjang tahun cuaca Chamba bersahabat, walaupun April hingga Juni ialah waktu terbaik untuk mengunjungi Chamba. Tidak seperti tetangganya yang lebih tinggi di Himachal, suhu rata-rata Chamba selama musim panas melebihi 30 derajat Celcius. Musim hujan biasanya kurang ideal untuk berwisata. Hujan ekstrem kerap memicu tanah longsor dan menghambat rencana perjalanan. Cuaca paling dingin pada Januari dan Februari, tetapi tidak pernah turun salju.

Tidak lengkap ke Chamba tanpa mengunjungi Kuil Lakshmi Narayan dan kuil Chamunda Devi. Beberapa tempat lain yang patut dikunjungi adalah Istana Akhand Chandi, Rang Mahal, dan Museum Bhuri Singh. Kamu juga wajib melihat Danau Manimahesh dan Danau Chamera. Disana ada banyak jenis olahraga menantang.

Di antara berbagai jalur trekking di Chamba dan sekitarnya, kita bisa trekking ke lembah Manimahesh dan Pangi. Chamba menyediakan berbagai pilihan olahraga air di tepi sungai. Kita bisa berarung jeram di seberang sungai Ravi, atau menikmati kayak, mendayung, dan berperahu di danau. Kita pun bisa berkemah dan mengamati bintang di bawah langit malam.

Ada banyak hotel dan resor dengan bujet bervariasi di Chamba. Sebagian besar opsi penginapan terletak di Court Lane yang menyuguhkan pemandangan indah pegunungan nun jauh. Bagi kamu para backpaker disediakan juga Airbnb. Kalau mau opsi yang lebih menarik, Departemen pariwisata Himachal Pradesh juga mengelola hotel-hotel yang menawarkan akomodasi hemat. Atau kamu juga bisa merasakan pengalaman berkemah.