Mengenal Jurusan Teknik Informatika

SekolahNews — Di era modern ini, Information Technology (IT) sudah menjadi kebutuhan utama. Salah satu jurusan yang berperan penting dalam dunia IT adalah teknik informatika. Teknik informatika dikenal juga dengan ilmu programming.

Materi kuliah teknik informatika

Teknik informatika merupakan bidang ilmu  yang mempelajari teknologi komputer meliputi analisis matematis pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak (software), sistem operasi, dan kerja komputer.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Arsitektur, Cari Tahu Kuy!

Secara khusus, mahasiswa teknik informatika akan mempelajari fungsi-fungsi dan struktur instruksi dalam bahasa pemrograman untuk diaplikasikan pada komputer. Bahasa pemrograman menggunakan algoritma dan koding sehingga membutuhkan ilmu dasar matematika dan logika yang kuat.

Selain menerapkan teknologi yang sudah ada, mahasiswa teknik informatika juga dituntut berpikir kreatif untuk menciptakan ide baru pada sistem operasi komputer.

Mata kuliah dalam jurusan teknik informatika akan fokus pada pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak. Mata kuliah itu di antaranya sistem informasi, logika informatika, strategi algoritma, rekayasa perangkat lunak, Artificial Intelligence (AI), dan pemrograman Internet.

Prospek kerja

Lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan di era globalisasi yang penuh dengan teknologi ini. Lulusan ilmu komputer diharapkan dapat menjadi ahli dalam sistem operasi, aplikasi, dan komputer sehingga dapat memastikan IT dan sistem operasi bekerja dengan baik sesuai arahan yang sudah diinput.

Ahli IT dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang mengandalkan teknologi untuk beroperasi, baik perusahaan negeri, swasta, maupun multinasional di berbagai sektor industri. 

Banyak jenis pekerjaan baru yang tercipta karena kehadiran sistem IT, di antaranya:

  • Programmer, merupakan ahli dalam memprogram sistem atau mengembangkan aplikasi di berbagai bidang industri.
  • Web engineer/web administrator, ahli dalam mengembangkan dan memelihara website sebuah organisasi atau perusahaan.
  • Software engineer, merupakan ahli dalam pengembangan dan pengoperasian perangkat lunak. Ahli ini dibutuhkan di semua lini industri.
  • Computer network, merupakan ahli yang merancang, mengelola, dan merawat jaringan IT dalam perusahaan.
  • Database engineer/database administrator, ahli dalam merancang, mengelola, dan memelihara basis data yang dimiliki perusahaan.
  • Game Developer, merupakan ahli informatika yang mengembangkan game sebagai media edukasi dan hiburan.
  • Konsultan IT, merupakan orang yang yang berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian IT dalam sebuah organisasi atau perusahaan.
Baca juga: 5 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Jurusan teknik informatika terbaik

Dari banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan teknik informatika, terdapat beberapa perguruan tinggi yang mendapat predikat jurusan teknik informatika terbaik. Predikat ini didasarkan pada penilaian akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Berikut lima jurusan teknik informatika atau sejenis dengan akreditasi A di perguruan tinggi negeri :

  • Teknik Informatika ITB
  • Teknik Multimedia dan Jaringan ITS
  • Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Teknik Komputer UI
  • Teknologi Informasi UGM