Mengenal Kue Sponge

Kue merupakan sajian yang bisa disantap kapan saja. Ada beragam jenis kue di dunia. Salah satunya adalah sponge cake.

Jenis makanan satu ini memang sangat disukai oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia. Selain karena teksturnya yang lembut, cita rasanya yang manis juga membuat siapapun tak kuasa untuk menolaknya. Bahkan, Ratu Victoria dari Inggris dulu juga sangat menyukai kudapan manis satu ini.

Victoria Sponge juga biasa disebut The Royal Victoria Sponge. Kadang-kadang juga disebut The Victoria Sandwich, tidak diragukan lagi referensi ke sifat penuh dari himpitan kue sponge dengan isian krim. Kue ini kerap dijadikan sebagai suguhan saat menjamu tamu ataupun saat menggelar acara besar seperti ulang tahun dan pernikahan.

Sponge cake dibuat dari kocokan telur dan gula hingga mengembang, lalu ditambah dengan tepung terigu dan margarin cair. Selain margarin cair, sponge cake juga bisa dibuat dengan minyak sebagai ganti margarin cair. Tekstur sponge cake yang mudah menyerap cairan juga membuat sponge cake banyak digunakan sebagai dasar untuk makanan penutup, seperti kue tres leches dan trifle.

Adonan sponge cake bisa dimatangkan dengan dua cara, yaitu dipanggang atau dikukus dan dimasak selama 30-40 menit dengan suhu 180 derajat celcius. Sponge cake atau kue bolu bisa dinikmati setelah matang dan cocok disajikan bersama kopi atau teh panas.