Mengenal Olahraga Windsurfin

Windsurfing merupakan olahraga air yang dihasilkan dari perpaduan dua olahraga ekstrim yaitu Surfing dan Perahu Layar. peralatan yang digunakan untuk bermain Windsurfing selain papan seluncur, juga menggunakan layar dari kain terpal berbahan sintetis. Olahraga ini biasanya dilakukan di laut. Bagi kamu yang gemar menghabiskan waktu di pantai, tak ada salahnya mencoba pengalaman bermain windsurfing. kamu bisa memperoleh pengalaman asyik, seru, dan menyenangkan saat bermain windsurfing.

Penemu olahraga ini adalah seorang atlet peselancar di California, AS. ia bernama Robby Naish. hingga sekarang Robby Naish diakui sebagai tokoh legendaris dunia.

Olahraga ini aman dan cocok bagi semua umur, baik perempuan maupun laki-laki. Menurut statistik, rata-rata umur pemain windsurfing 15–70 tahun dengan median umur 45 tahun. Agar aman ketika mulai belajar, pemain pemula dianjurkan selalu memakai pelampung sehingga aman dari risiko tenggelam. Windsurfing adalah olahraga yang memadukan keterampilan, koordinasi dan juga kekuatan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, bila saat cuaca mengancam atau menandakan badai akan datang sebaiknya jangan melaut dulu atau bermain. Kita harus bisa menguasai angin tersebut dan biasanya angin yang dibutuhkan sekitar 5 sampai 20 knot. Apabila sudah tidak ada angin atau cuaca tidak memungkinkan, para peselancar harus berenang ke tepi sambil membawa papan seluncurnya. Biasanya para pemain membutuhkan waktu 1 bulan untuk bisa sekedar menguasai cara berdiri dan menggerakan layar.

Seperti olahraga luar ruang lainnya, dalam selancar angin juga dikenal prinsip don’t do it alone, yang mewajibkan pemain tidak sendirian setiap kali turun ke laut.