Mengenal Rishi Sunak, PM Inggris yang Baru

Sekolahnews.com – Teka-teki siapa PM Inggris yang baru sebagai pengganti Liz Truss sudah diketahui. Ia adalah Rishi Sunak.

Fakta itu didapat setelah Rishi Sunak berhasil memimpin Partai Konservatif, partai yang berkuasa di Inggris. Kepemimpinannya didapat usai pesaing utama, Penny Mordaunt, mundur dari pemilihan pada Senin (24/10/2022).

Sekarang ia tinggal menunggu penunjukannya sebagai PM Inggris dari Raja Charles III. Setelah itu ia akan berkantor di Downing Street 10.

Baca juga: Trio Ben S. Bernanke, Douglas W. Diamond dan Philip H. Dybvig Raih Nobel Ekonomi 2022

Berikut ragam fakta dari Rishi Sunak, PM Inggris yang baru, seperti dikumpulkan dari berbagai sumber.

o Rishi Sunak pernah menjadi menteri keuangan dalam kabinet PM Boris Johnson. Setelah Boris Johnson mundur, Sunak sempat bersaing dengan Liz Truss pada September lalu untuk menjadi PM Inggris.

o Ia akan menjadi PM Inggris pertama dengan darah India dan beragama Hindu. 

o Orang tua Rishi Sunak datang ke Inggris dari Afrika Timur dan keduanya berasal dari India. 

o Calon orang nomor satu di Downing Street ini lahir di Southampton pada 1980. Ayahnya adalah dokter umum dan ibunya memiliki bisnis apotek.

o Ia baru tujuh tahun menjadi anggota parlemen. Kali pertama terpilih pada 2015 untuk kawasan Richmond, Yorkshire utara. 

o Kariernya cepat menanjak karena dalam tempo tujuh tahun terakhir ini. Mulai menteri keuangan hingga sekarang terpilih sebagai perdana menteri.

Baca juga: 7 Negara Ini Gratiskan Biaya Kuliah

o Kekayaannya begitu luar biasa dan dianggap sebagai anggota parlemen terkaya. Istrinya adalah Akshata Murthy, putri miliader India: Narayana Murthy.

Sebelum berkiprah di politik, Rishi Sunak bekerja di bank investasi, Goldman Sachs. Kekayaan suami istri Rishi Sunak-Akshata Murthy ditaksir mencapai 730 juta paun atau sekitar Rp12,9 triliun.

o Ia merupakan pendukung Brexit dan pelabuhan bebas. Brexit adalah gerakan Inggris keluar dari Uni Eropa, sementara pelabuhan bebas merupakan situasi tidak ada pajak untuk barang impor dan ekspor.(rri.co.id).