Mengenal Silicon Valley, Perkantoran Teknologi Dunia

SekolahNews — Nama Silicon Valley pasti sudah tidak asing ditelinga kita. Terletak di daerah selatan dari San Fransisco Bay Area, California, Amerika Serikat dan merupakan surganya perusahaan teknologi komputer dan semikonduktor.

Di sini kamu akan menemu raksasa sekelas Apple Computer, Xerox, Fairchild Semiconductor, dan PARC, Adobe Systems, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, dan Yahoo!.

Silicon Valley mulai ada ketika 2 orang sahabat lulusan Stanford University, Hewlett dan Packard, mendirikan perusahaan HP pada 1939. Mereka memilih lokasi tersebut berdasarkan kestrategisannya. Adanya perusahaan HP tersebut menjadi permulaan bagi perusahaan lain untuk mendirikan industri di sekitarnya.

Baca juga: Bosch Ciptakan Visor Mobil Berteknologi AI

Nama Silicon Valley pertama kali digunakan oleh Ralph Vaerst, entrepreneur sukses di Central California. Nama Silicon Valley dipahami dan digunakan secara luas baru sejak tahun 1980an, berkaitan erat dengan pengenalan produk IBM PC, dan banyak hardware dan software.

Kata Silicon berasal dari tingginya konsentrasi perusahaan yang terlibat dalam industri semikonduktor (silikon digunakan untuk membuat produk semikonduktor komersial) dan komputer di area tersebut.

Perusahaan-perusahan tersebut perlahan-lahan menggantikan perkebunan yang merupakan asal nama awal daerah ini, the Valley of Heart’s Delight.

Dilansir dari San Fransisco Business Time, kerja 80 jam perminggu, penerimaan gaji terkadang melalui bitcoin, sehingga untuk menekan pengeluaran eksternal tinggal di container atau mobil di parkiran menjadi hal biasa.

Rata-rata gaji para engineer perangkat lunak di sini kisaran USD 124.000 atau setara dengan 1.7 Milyar per tahunnya. Wow! Tetapi jumlah yang fantastis ini sebanding dengan tingginya biaya hidup yang harus ditanggung para pekerja. 

Baca juga: 3 Mahasiswa UNS Ciptakan Alat Pengusir Hama Berbasis IoT

Harga sewa apartemen satu kamar nyaris USD 3.700 perbulan, separuh gaji! Tak jarang para pekerjanya berani mengambil resiko menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam dari tepi luar Bay Area untuk menghindari harga properti yang gila-gilaan ini.

Silicon Valley tidak hanya suatu kawasan industri saja, lima universitas ternama. Sebut saja Stanford University, Northwestern Polytechnic University, Carnegie Mellon University, San Jose State University, dan Santa Clara University.

Jika suatu saat kamu berkesempatan berkunjung atau bahkan bekerja di Silicon Valley, jangan kaget melihat orang berlalu lalang menggunakan alat-alat hasil dari inovasi dan kemajuan teknologi termutakhir. Selamat belajar dan berkembang!