Mengenang Bob Hasan: Pengusaha dan Pembina Olah Raga

SekolahNews — Jakarta, Innalillahi wainnailahi roji’un. Pengusaha ternama Mohammad Hasan atau yang lebih dikenal dengan nama Bob Hasan meninggal dunia pada Selasa (31/3/2020) pukul 11.00 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta Pusat  pada usia 89 tahun. Pria kelahiran Semarang, 24 Februari 1931 silam itu meninggal akibat serangan kanker.

Selain dikenal sebagai seorang pebisnis ulung, beliau sangat berjasa dalam memajukan atletik Indonesia sehingga nama Indonesia dikenal dunia.

Bob Hasan bukan konglomerat ‘pelit’ untuk menggelontorkan uang demi kemajuan atletik tanah air.

Dia seolah tak pernah bosan apalagi takut rugi untuk menjadi ‘keran duit’ di PB PASI menyokong prestasi dunia atletik Indonesia.

Berikut profil singkatnya :

1. Pengusaha Indonesia

Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai pengusaha sukses di bidang perkayuan sehingga dijuluki sebagai “Raja Hutan” Indonesia. Ia menjadi sederet pengusaha beken sekaligus orang deket Presiden Soeharto di masa Orde Baru.

2. Menteri Perindustrian dan Perdagangan

Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan dalam kabinet Pembangunan VII masa kerja 14 Maret 1998 hingga 21 Mei 1998.Ia pernah diberi penghargaan Kalpataru pada tahun 1997.

3. Bob Hasan menjabat sebagai Ketua Umum PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) sejak 1978.

Di bawah kepemimpinannya, atlet atletik Indonesia sangat disegani di kawasan Asia Tenggara, termasuk Asia.

Beberapa nama sprinter Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di cabang lari seperti Purnomo dan Mardi Lestari.

Purnomo mengukir prestasi di Olimpiade Los Angeles 1984 di Amerika Serikat. Dia menjadi wakil Asia pertama di semifinal 100 meter putra.

Mardi Lestari menjadi satu-satunya sprinter Asia di semifinal Olimpiade Seoul 1988.

Lalu Muhammad Zohri yang berhasil menggebrak pentas dunia. Zohri menjuarai lari 100 meter dalam kejuaraan dunia atletik U-20 di Finlandia pada 2018.

Beliau juga merupakan Honorary Life Council Member International Associations of Athletic Federation.