Museum Pendidikan Surabaya, Profesi Guru Dihargai

SekolahNews — Bagi kamu yang ada rencana liburan ke Surabaya jangan lupa mampir ke Museum Pendidikan. Diresmikan pada 25 November 2019 oleh wali kota Surabaya ibu Tri Rismaharini, Museum Pendidikan menjadi kado Hari Guru yang sangat istimewa.

Lokasinya di Jalan Genteng Kali No. 10 Surabaya, sangat strategis dan mudah dijangkau karena bertempat di pusat kota. Museum Pendidikan berada satu kompleks dengan Taman Ekspresi. Jadi pengunjung bisa lanjut mengeksplorasi Taman Ekspresi, yang terletak di tepi sungai Kalimas.

Baca juga: Mau Bermain Sambil Belajar, Ajak Anak ke Sini!

Saat ini, Museum Pendidikan Surabaya memiliki koleksi sekitar 860 benda yang berhubungan dengan perkembangan pendidikan di Indonesia. Beragam koleksi itu terdiri dari berbagai jenis, di antaranya, Historika, Filologika, Heraldika, Etnografika, Keramologika, dan Technologika.

Alur Museum Pendidikan terbagi menjadi empat, yakni Masa Pra-aksara, Masa Klasik, Masa Kolonial dan Masa Kemerdekaan. Kita akan dibawa ke dalam nuansa vintage. Mulai dari alat tulis, alat hitung, ijazah, serta surat-surat penting yang masih menggunakan ejaan lama, semuanya dipamerkan di sini.

Pengunjung dapat mengakses museum secara gratis setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00 sampai 16.00. Sementara khusus hari Senin, Museum Pendidikan tutup. Pengunjung dapat melihat perkembangan pendidikan di Indonesia dari masa ke masa.