Nicholas Saputra Resmi Jadi Duta Nasional Unicef Indonesia

SekolahNews — Aktor Nicholas Saputra resmi diangkat menjadi Duta Nasional Unicef (United Nations Children’s Fund) Indonesia yang baru.

Pengumuman itu diketahui dalam konferensi pers di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (11/11/2019). Selain sebagai aktor, model, dan sutradara, dia juga aktif di berbagai kegiatan lingkungan.

Baca juga: Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia

“Ini sesuatu yang baru bagi saya, tetapi juga exciting buat saya. Senang sekali bisa membantu menyuarakan hak suara anak karena bagi saya anak adalah masa depan kita dan kita hanya bisa menyelesaikan banyak masalah dengan memastikan bahwa anak-anak kita berkualitas,” ujar pria kelahiran 1984 ini.

Sebagai duta nasional, Nicholas akan memiliki satu tugas khusus untuk membantu kampanye Unicef terkait dengan pentingnya sanitasi yang aman dan akses air bersih. Prestasi Nicholas Saputra di bidang seni peran dianggap pas untuk dapat menyuarakan hak anak.

Menurut perwakilan Unicef Indonesia, Debora Comini, penilaian dalam memilih duta nasional ini sangat hati-hati. Rekam jejak dalam kehidupan pribadinya harus bersih serta dalam karya dan prestasinya.

Baca juga: Juarai Kompetisi Pangan Internasional Berkat Es Puter

“Intinya orang-orang terkenal dan juga punya pengaruh atau dalam kata lain ‘selebritas’, tetapi menggunakan pengaruh mereka untuk menyuarakan kepentingan kemanusiaan, untuk menyuarakan kepentingan anak,” ucap Debora pada Senin (11/11/2019) di Perpustakaan Nasional, Jakarta.

Penunjukan duta baru ini menjadi momentum jelang peringatan 30 tahun Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Hak-Hak Anak (Convention on the Rights of the Child) pada 20 November. Selain Nicholas, 15 tahun lalu Ferry Salim juga ditunjuk sebagai Duta Nasional Unicef Indonesia. Dari 2004 hingga 2019, Ferry membantu organisasi PBB ini untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Tanah Air.

Selain Nicholas, 15 tahun lalu Ferry Salim juga ditunjuk sebagai Duta Nasional Unicef Indonesia. Dari 2004 hingga 2019, Ferry membantu organisasi PBB ini untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Tanah Air.