Olimpiade APBN Ajang Edukasi Generasi Muda

SekolahNews – Jakarta, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajak siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk belajar mengenal dan memahami APBN dengan menggelar Olimpiade APBN.

Hal ini dilakukan agar APBN makin meluas dipahami oleh generasi muda. Olimpiade APBN ini akan diikuti 1.466 SMA di seluruh Indonesia.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan ajang ini untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA akan APBN. Pasalnya, dia dan seluruh petinggi Kemenkeu semasa SMA tidak mendapatkan kesempatan ini.

“Jaman saya dulu SMA, saya belajar APBN dari kegiatan dan pidato Pak Harto. Waktu itu saluran televisinya hanya ada TVRI. Saya melihat dan menyimak pidato Pak Harto. Dan saya belajar bagaimana memahami angka-angka APBN dan hubungannya untuk kita semua,” cerita Sri Mulyani di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (1/10/2019) seperti dikutip dari sindonews.com.

Menkeu menjelaskan bahwa esensi anak-anak SMA ini mengikuti Olimpiade APBN agar mereka paham dan mampu menggambarkan APBN menggunakan #uangkita secara sederhana. Menkeu juga berharap seluruh peserta dapat menjadi duta APBN yang bisa menjelaskan ke masyarakat mengenai APBN.

“APBN tidak hanya menyusun angka-angka saja tapi bagaimana dampaknya ke negara. Pertumbuhan, pemerataan, kesempatan kerja, pengentasan kemiskinan dan berbagai porsi fiskal yang lain,” kata Menkeu.

Di acara final lomba olimpiade APBN yang akan berlangsung 10 Oktober mendatang, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati merasa senang dengan antusiasme para finalis seperti para finalis dari SMAN 6 Palembang, SMAN 1 Tabanan, dan SMA Al Azhar Mandiri Palu yang berhasil masuk tahap final Olimpiade APBN 2019.

3 thoughts on “Olimpiade APBN Ajang Edukasi Generasi Muda

  • 8 February 2024 at 23:14
    Permalink

    La compatibilidad del software de rastreo móvil es muy buena y es compatible con casi todos los dispositivos Android e iOS. Después de instalar el software de rastreo en el teléfono de destino, puede ver el historial de llamadas del teléfono, mensajes de conversación, fotos, videos, rastrear la ubicación GPS del dispositivo, encender el micrófono del teléfono y registrar la ubicación circundante.

  • 16 April 2024 at 04:49
    Permalink

    Wow, superb blog structure! How lengthy have you been running a blog for?
    you made blogging look easy. The full glance of your website is great,
    let alone the content material! You can see similar here ecommerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *