Pendaftaran MAN Dibuka 11 Januari, Ada Beasiswa Sampai Lulus

Sekolahnews.com – Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tahun pelajaran 2021/2022.

Pendaftaran jalur tes dimulai secara online pada 11 Januari – 11 Februari 2021 dan pendaftaran jalur prestasi secara online 11 Januari – 6 Februari 2021 .

“Kami, hari ini hingga 10 Februari 2021, akan mulai melakukan sosialisasi SNPDB,” ucap Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar di Jakarta pada Senin, 4 Januari 2021.

Baca juga: 158 Madrasah Vokasi Disiapkan Kemenag

Khusus untuk MAN Program Keagamaan (MAN-PK), Kemenag akan memberikan beasiswa penuh bagi siswa yang berhasil masuk dalam program tersebut. “Untuk siswa baru MAN PK akan mendapat beasiswa sampai lulus,” tutur Ahmad Umar.

MAN Program Keagamaan (MAN-PK) merupakan program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada. MAN-PK pada MAN Reguler bertujuan merevitalisasi praktik baik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987.

Penekanan MAN-PK pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris.

Baca juga: Hasil Riset Siswi Madrasah Terbit di Jurnal Internasional

Kini, ada 10 MAN-PK yang akan menerima 476 siswa. Rata-rata menerima 48 siswa, kecuali MAN 1 Surakarta menerima 68 siswa dan MAN 1 Yogyakarta menerima 24 siswa khusus putra.

Berikut ketentuan jalur seleksi MAN-PK tahun pelajaran 2021/2022:

Jalur Tes

Seleksi melalui jalur tes yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP Negeri dan Swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Jalur Prestasi

Seleksi melalui jalur non-tes dengan kuota paling banyak 20 % yang diadakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi di bidang kegamaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama serta memiliki hafalan Al-Qur’an dengan ketentuan sebagai berikut:

Baca juga: Siswa Madrasah Raih Juara di Kompetisi Astronomi Astrofisika Internasional

  • Juara 1, 2, dan 3 Tingkat Propinsi pada kegiatan: MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an), MQK (Musabaqah Qira’atil Kutub), MYRES (Madrasah Young Researchers Super Camp), KSM (Kompetisi Sains Madrasah).
  • Prestasi tersebut berdasarkan Rekomendasi Kepala Madrasah/Sekolah asal dengan melampirkan salinan bukti piagam yang dilegalisir Kepala Madrasah/Sekolah dengan cap dan tanda tangan asli.
  • Memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 20 juz.