Pengaruh Jaringan 6G di Masa Mendatang

Dok. Forbes

Sekolahnews – Bukan rahasia lagi bahwa industri teknologi berkembang sangat cepat. Berkat kecanggihan dan layanan teknologi, dunia terhubung dalam hitungan detik.

Kemajuan dalam kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Pembelajaran Mesin atau Machine Learning (ML), otomasi, robotika, pencetakan 3D, blockchain, dan protokol komunikasi nirkabel, seperti 4G dan 5G, telah mendorong laju pengembangan teknologi.

Kemajuan yang digerakkan oleh teknologi telah memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan proses mereka dan mengembangkan produk dan layanan teknologi baru yang mengganggu. Kemajuan tersebut memungkinkan solusi kreatif berdasarkan umpan balik pelanggan dan kebutuhan pasar.

Mungkin aspek yang paling signifikan dari kemajuan teknologi adalah bahwa mereka mengubah cara kita berinteraksi satu sama lain dan dunia yang lebih luas. Dengan kemajuan teknologi terbaru, orang dapat menjangkau satu sama lain lebih cepat.

Sebelumnya seseorang harus menunggu berhari-hari untuk surat, snail mail, sampai ke tujuannya. Saat ini, sistem email memungkinkan orang mengirim informasi dalam hitungan detik. Komunikasi wireless, seperti pesan instan dan obrolan video, memungkinkan konektivitas di seluruh dunia.

4G dan 5G telah bersama kita selama beberapa waktu, dan kita sudah merasakan kemampuan layanan ini, karena sangat diandalkan untuk bekerja. Jaringan ini sudah meningkatkan teknologi dan layanan yang kita konsumsi saat ini dengan munculnya wacana 6G yang bakal diterapkan.

Mengenal lebih dekat apa itu 6G?

Jadi apa sebenarnya jaringan 6G itu? Apakah itu hanya nama lain atau slogan pemasaran? Jawabannya adalah tidak. Sesuai dengan namanya, teknologi 6G adalah teknologi nirkabel generasi keenam yang akan meningkatkan dan menyempurnakan infrastruktur jaringan seluler.

Saat ini melalui pengoptimalan yang lebih besar dan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Teknologi baru ini akan menggunakan spektrum frekuensi yang lebih tinggi daripada 5G dan diharapkan memberikan latensi yang lebih rendah dan kapasitas bandwidth yang lebih tinggi.

Pada dasarnya, teknologi baru akan meningkatkan kinerja standar komunikasi saat ini sedemikian rupa sehingga akan merevolusi industri teknologi. Dengan kemampuan komunikasi yang ditingkatkan, kita akan mengalami revolusi teknologi yang mempengaruhi semua industri, termasuk kesehatan, keuangan, transportasi, dan pendidikan.

Kemajuan dalam perawatan kesehatan akan mengarah pada prosedur diagnostik yang lebih cepat, memungkinkan dokter untuk memberikan perawatan yang cepat dan akurat kepada pasien.

Industri keuangan akan mendapat manfaat dari latensi rendah dan transaksi keuangan berkecepatan tinggi. Industri transportasi juga akan mendapat manfaat dari teknologi ini, karena kecepatan jaringan 6G akan memungkinkan mobile self-driving dan kendaraan otonom lainnya berkembang.