Pentingnya Membaca

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya.

Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

Tanpa kita sadari, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

Berikut ini beberapa manfaat membaca buku yang bisa kita dapatkan selain mempercerdas otak. diantaranya:

1.Memberikan Perspektif pada Dunia di Sekitar

Buku yang bagus memiliki kekuatan untuk mengubah cara kita berpikir, berbicara, dan menganalisis sesuatu. Ada banyak buku yang ditulis dalam beberapa genre seperti fiksi, non-fiksi, novel, drama, thriller, suspense, fiksi ilmiah, dan lainnya. Setiap buku hadir dengan perspektif uniknya masing-masing.

Jika kamu menjadi seorang pembaca yang rajin, maka akan dapat menciptakan perspektif sendiri yang akan membantu agar lebih menonjol dari orang lain.

Membaca memberi kita keuntungan menganalisis lingkungan yang berbeda yang mendorong pikiran kita untuk jeli. Sebab, buku-lah membantu dalam mengembangkan pikiran dan keterampilan mengamati.

2.Memperbaiki Memori

Selanjutnya, kebiasaan membaca buku juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Sebab, ketika sedang membaca, otak tidak hanya menguraikan kata-kata yang dibaca. Dengan membaca, neurobiologis seseorang akan memproses gambar maupun ucapan yang muncul terutama saat membaca. Selain itu, bagian otak akan mengatur penglihatan dan bahasa bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang kamu mengerti dan lebih mudah untuk diingat.

Bisa dikatakan juga dengan membaca buku tentu dapat meningkatkan kualitas otak dalam proses mengingat berbagai macam hal yang telah dibaca. Misalnya, karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, maupun berbagai macam unsur atau plot dari setiap alur cerita. Setiap memori tentu akan membantu seseorang untuk menempa jalur otak serta memperkuatnya. Selain itu juga dengan melakukan kegiatan membaca dapat menstabilkan suasana hati seseorang. Tak hanya itu, dengan membaca dapat menjadi suatu bentuk latihan untuk otak secara maksimal daripada hanya menonton televisi atau mendengarkan radio.

3.Mengurangi Stres

Stres, khususnya stres kronis (berlangsung bertahun-tahun), dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan bagi yang mengalaminya. Satu di antara Manfaat Membaca Buku adalah dapat mengurangi stres.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam ‘Journal of College Teaching and Learning’ menjelaskan, kebiasaan membaca buku setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan frekuensi detak jantung, dan menurunkan perasaan stres.

Manfaat tersebut sama efektifnya dengan olahraga meditatif, seperti yoga dan menyaksikan tayangan humor.

4.Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dengan membaca buku dapat mengisi kepala kita tentang berbagai macam informasi baru yang selama ini belum kita ketahui yang kemungkinan besar hal tersebut dapat berguna bagi kita nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.

Selain itu, ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat berharga yang tidak pernah dapat hilang meskipun kita kehilangan hal-hal lain didunia ini, seperti harta, benda, maupun yang lainnya. Cerita maupun ide-ide yang tertuang dalam sebuah buku yang kita baca dapat membantu untuk membuka jalan pikiran kita untuk lebih mengenal dunia lain, mendapatkan pemahama yang lebih dari sebelumnya.

5.Dapat Menambah Kosakata

Semakin banyak melakukan kegiatan membaca buku, maka akan semakin banyak kita mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal yang belum kita ketahui, serta dapat menambah jumlah kosakata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan keseharian kita. Hal ini tentu saja dapat membantu bagi kita untuk dapat mengartikulasikan, membantu menyampaikan pendapat dengan bahasa yang lugas, serta dapat menambah rasa percaya diri pada saat berbicara dengan orang lain.