Perbedaan Fakultas, Jurusan dan Prodi yang Wajib Kamu Ketahui

SekolahNews — Untuk kamu yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah tamat SMA/SMK mungkin banyak yang masih tidak mengetahui sebenarnya apa sih perbedaan Fakultas, Jurusan dan Prodi? kata-kata ini selalu terdengar di dunia kampus tapi masih ada yang belum memahami secara jelas apa sebenarnya perbedaan ketiganya.

Berikut penjelasannya yang dilansir dari romeltea.com

1. Fakultas

Fakultas adalah bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu, terdiri atas beberapa jurusan, dipimpin oleh dekan.

Baca juga: Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Sesuai Minat dan Bakat

Fakultas biasanya terdiri dari beberapa jurusan yang memiliki karakteristik sama dan memadai untuk dijadikan satu badan.

Misalnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri Jurusan Ilmu Administrasi Negara (AN), Jurusan Ilmu Pemerintahan (IP), Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI), dan Jurusan Sosisologi.

Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen, dll. yang memiliki karakteristik keilmuan yang sama yaitu bidang ilmu ekonomi.

2. Jurusan

Jurusan adalah bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, misalnya jurusan akuntansi, jurusan manajemen, yang merupakan bidang keahlian atau keilmuan khusus.

3. Program Studi

Program studi adalah unit pelaksana yang menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik, vokasi, atau profesi dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu.

Baca juga: Masih Bingung Menentukan Jurusan Kuliah? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut

Program studi lebih spesifik dari jurusan. Misalnya, ilmu komunikasi sangat luas. Spesialisasinya antara lain jurnalistik, humas, dan periklanan.

Namun, kata “jurusan” juga sering disamakan dengan “prodi” karena ruang lingkupnya merupakan ilmu khusus atau keilmuan spesifik.

Itu dia Perbedaan Fakultas, Jurusan, dan Program Studi di Perguruan Tinggi. Semoga tidak keliru.