Perlukah Ikut Bimbel ?

SekolahNews — Memasuki tahun ajaran baru menjadi waktu yang tepat untuk menentukan sebuah bimbingan belajar (bimbel). Apalagi bagi siswa yang akan menginjak tahun terakhir di sekolah.

Biasanya baik siswa maupun orang tua ingin agar waktu belajar menjadi ditambah. Tujuannya agar semakin fokus dalam menyiapkan ujian nasional dan juga persiapan untuk mengikuti berbagai tes sekolah kelanjutan.

Bimbingan belajar lembaga merupakan suatu kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan di luar Sekolah. Bimbingan belajar lembaga ini dilakukan oleh lembaga yang menyediakan jasanya.

Baca juga: Memanfaatkan Radio untuk Belajar Jarak Jauh

Siswa akan diajarkan oleh beberapa pengajar dengan materi yang disesuaikan dengan materi di Sekolah.

Materi yang diajarkan oleh pengajar tentunya sesuai dengan materi yang diajarkan di Sekolah. Lembaga bimbel yang baik akan selalu mengikuti perkembangan atau kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah.

Sehingga materi ataupun kurikulum yang dipakai akan disesuaikan dengan kebijakan Pemerintah.

Manfaat Bimbingan Belajar bagi Siswa :

1. Membantu Siswa Memahami Materi di Sekolah

Para tentor bimbel telah dilatih untuk mengulang materi pelajaran di sekolah dengan cara-cara praktis yang mudah dipahami siswa. Selain itu guru bimbel juga memberikan soal-soal latihan. Bimbel memiliki jumlah siswa yang lebih sedikit daripada di sekolah. Kondisi tersebut membuat siswa leluasa untuk bertanya hal-hal yang belum mereka pahami kepada guru. Bimbel membantu para individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah akademik.

2. Membuat Siswa Belajar Terus-menerus

Bimbel biasanya memiliki jadwal belajar yang rutin untuk anak. Misalnya anak dijadwalkan belajar 3 kali seminggu di bimbel. Di bimbel anak akan lebih aktif dan membuat anak itu sendiri menumbuhkan minat untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.

3. Membuat Siswa Memanfaatkan Waktu Luang dengan Baik

Setelah pulang sekolah, anak akan menghabiskan waktu untuk bermain. Dengan mengikuti bimbingan belajar, anak telah memanfaatkan waktu luangnya untuk hal yang positif.

Baca juga: Ternyata Belajar Sejarah Membuat Kita Berpikir Kritis

Bimbel juga dapat memberikan waktu yang positif untuk anak itu sendiri.  Lewat bimbingan belajar juga akan membuat seorang anak belajar secara rutin dan disiplin.

4. Memiliki Pengalaman dari Sekolah Lain

Bimbel memberikan banyak pengalaman baru untuk anak. di sana, anak akan mendapatkan teman-teman baru dari sekolah lain. Saat itulah Anda dapat mengukur kualitas anak. Apakah dia mampu bersaing dengan siswa lain atau ternyata dia masih sebatas terbaik di sekolahnya?

Tidak hanya soal persaingan, mengikuti bimbingan belajar juga membuat anak mendapatkan pengalaman-pengalaman dari sekolah lain. Misalnya, materi yang diajarkan di sana dan soal-soal yang diberikan guru di sekolah lain.

Pro dan Kontra

Mereka menganggap bahwa dengan adanya bimbel bisa membantu mengatasi masalah belajar anak. Di bimbel menerapkan metode belajar yang berbeda dengan di sekolah. Metode belajar yang diterapkan tentu menyenangkan yang tidak akan membuat anak mudah bosan.

Baca juga: Pentingnya Kreativitas Pembelajaran untuk Menyiasati Kejenuhan Siswa

Metode belajar ini justru akan membantu anak lebih mudah memahami materi pelajaran. Selain itu ada yang beranggapan bahwa dengan mengikuti bimbel, anak bisa meningkatkan belajar dan prestasinya. Dan berharap bahwa bisa memasuki sekolah atau perguruan tinggi favorit.

Mereka beranggapan bahwa adanya bimbel justru membuat anak tertekan. Anak sudah capek dengan kegiatan belajar di sekolah, harus ditambah mengikuti bimbel. Atau anak sudah merasa jenuh dengan materi di sekolah ditambah mereka akan mendapatkan materi di bimbel.

Sekarang tinggal menentukan apakah perlu ikut bimbel atau tidak. Hal ini harus dipertimbangkan baik-baik dan jika perlu bertanya kepada para kakak kelas kita.