Porsche Macan EV akan tiba pada tahun 2024

Sekolahnews – Produsen otomotif Jerman yakni Porsche akan memperkenalkan Macan EV pada tahun 2024. Mobil ini akan didukung oleh arsitektur Premium Platform Electric (PPE) merek tersebut. Adapun yang menarik, mobil tersebut akan memiliki desain yang stylish dan kabin yang mewah dengan beberapa fitur berbasis teknologi. Mobil ini akan didukung oleh powertrain listrik yang akan mengeluarkan tenaga maksimum 603 hp.

Macan EV akan menjadi mobil pertama Porsche yang menggunakan platform PPE yang dikembangkan bersama Audi. Crossover ini diharapkan menawarkan pengisian cepat dan jangkauan serta handling yang sangat baik. Menurut Porsche, mobil ini akan menjadi “model paling sporty di segmennya”. Perusahaan itu juga berharap pada tahun 2030, 80% penjualannya berasal dari kendaraan listrik .

Porsche Macan EV akan memiliki kap yang panjang, grill yang ramping, ventilasi udara yang lebar, dan lampu depan LED. Mobil ini diapit oleh pilar B hitam, lapisan krom di sekitar jendela, roof rail, ORVM, dan velg alloy berdiameter hingga 22 inci. Lampu belakang panjang dan kaca yang landai akan tersedia di bagian belakang mobil ini.

Macan EV akan mengusung dua motor listrik sinkron permanen yang dihubungkan ke baterai 100 kWh. Baterai ini akan dapat mengisi daya dari 5-80% dalam waktu kurang dari 25 menit. Susunan tersebut akan menghasilkan output gabungan sebesar 603 hp/1.001 Nm. Gearbox satu percepatan dan sistem penggerak semua roda juga akan tersedia.
Diferensial belakang yang sepenuhnya dikontrol secara elektronik dan sistem Porsche Active Suspension Management akan memastikan performa yang lebih baik.

Porsche Macan EV diperkirakan memiliki kabin yang mewah, dilengkapi dengan sunroof, kontrol suhu otomatis, keyless entry, ventilasi AC belakang, dan setir multifungsi.
Kabin ini akan menampung konsol infotainment layar sentuh 10,9 inci dengan dukungan untuk Android Auto dan Apple CarPlay. Enam airbag, kontrol traksi, ABS, EBD, dan sensor tabrakan akan memastikan keselamatan penumpang.

Porsche akan mengungkap detail harga dan ketersediaan Macan EV pada saat debutnya. Namun, di AS, mobil ini diperkirakan akan dijual dengan harga awal sekitar $80.000 (sekitar 1,2 milyar rupiah).