Punya Cita-Cita itu Ternyata Penting Lho!

Sekolahnews.com – Saat ditanya mengenai cita-cita, anak kecil mungkin dapat menjawabnya dengan sangat cepat dan penuh keyakinan. Dengan senyuman lebar dan suara lantang, mereka pasti bisa menjawab pertanyaan ini dengan tegas.

Namun seiring berjalannya waktu, proses yang dialami akan membuat beberapa dari mereka mengubah impiannya, ada yang tetap berusaha mengejar impian masa kecilnya, bahkan ada juga yang memilih berhenti untuk bermimpi.

Ada begitu banyak orang sukses di dunia ini, baik dalam membangun bisnis maupun profesinya. Kebanyakan dari mereka tidak pernah berhenti untuk meraih cita-cita dan impiannya.

Baca juga: 9 Cara Mudah Menentukan Cita-cita

Tidak ada cita-cita yang terlalu besar untuk diraih, atau terlalu kecil untuk diperjuangkan. Tolak ukur besar kecilnya suatu cita-cita itu ada di dalam diri individunya sendiri. Selama ia berusaha untuk meraihnya, maka tidak ada yang tidak mungkin.

Sebagai contoh adalah Jack Ma dalam berbagai kesempatan sering mengatakan, “Jangan pernah berhenti untuk bermimpi atau memiliki cita-cita. Sebab dari situlah awal untuk meraih kesuksesan.”

Lalu apakah punya cita-cita sejak kecil itu penting? Untuk menjawab itu semua, alangkah baiknya jika kita mengetahui manfaat dari sebuah impian atau cita-cita.

Dengan begitu, kita bisa menjawab apakah penting atau tidak memiliki cita-cita sejak kecil.

Lalu apa sih manfaat dari punya cita-cita sejak kecil?

1. Tanpa cita-cita, kita tidak akan bisa ke mana-mana karena kita tidak tahu harus melakukan apa. Cita-cita mampu membuat kita termotivasi, terinspirasi, dan terus membantu kita untuk meraih setiap tujuan yang diinginkan.

2. Cita-cita bisa membantu kita untuk lebih atraktif dan mengetahui lebih jauh lagi tentang banyak hal yang dicita-citakannya sebagai tujuan hidup.

3. Cita-cita dan impian akan membuat kita memiliki motivasi untuk belajar dan selalu berusaha setiap hari untuk mengenal banyak hal.

Baca juga: 20 Kata Kata Motivasi Agar Kita Selalu Semangat

4. Cita-cita dan impian akan membantu kita untuk selalu memiliki semangat belajar dan semangat juang yang tinggi untuk meraihnya.

5. Cita-cita dapat menjadikan kita sebagai orang yang mandiri. Melakukan usaha sendiri untuk meraih cita-cita, dan ketika tiba waktunya kita berhasil meraih impian tersebut, kita akan menjadi orang yang paling bangga dengan hasil kerja keras sendiri.

6. Dengan cita-cita dan impian kita akan memiliki tujuan hidup yang terarah dan teratur dan selalu fokus.

7. Cita-cita dan impian bisa mengubah kita menjadi disiplin dan sudut pandang yang menjadi lebih positif, terarah, teratur juga penuh kedisiplinan.

8. Cita-cita dan impian dapat mengubah kita menjadi lebih mandiri dan juga kreatif untuk meraihnya.

9. Cita-cita dan impian akan membawa kita ke tujuan hidup yang lebih besar lagi, dan mendorong kita untuk meraihnya.

Baca juga: 30 Kata-Kata Motivasi Belajar

Ada banyak manfaat dari sebuah cita-cita dan impian yang ditanamkan sejak kecil, sebab cita-cita mampu membuat kita termotivasi, terinspirasi, dan terus membantu kita untuk meraih setiap tujuan yang ingin dicapainya.

Lalu apakah cita-cita dan impian sangat penting untuk ditanamkan sejak kecil? Jawabannya tentu saja sangat penting. Sebab akan membuat hidup kita menjadi terarah, pehun disiplin dan memiliki motivasi yang besar untuk mencapai atau meraih segala impiannya tersebut. 

Nah, kalian termasuk yang sudah memiliki cita-cita sejak kecil atau tidak?