Raih Kebahagiaan di Pekan Kebudayaan Nasional 2019

SekolahNews – Jakarta, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan akan menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) pada 7 hingga 13 Oktober 2019 mendatang di Istora Senayan, Jakarta.

Pagelaran ini merupakan perwujudan rangkaian aktivitas kebudayaan yang bergerak dari desa sampai ke ibu kota. Konsepnya bisa dikatakan tidak jauh berbeda dari Pekan Olahraga Nasional (PON). Tahapannya akan dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menyampaikan bahwa PKN merupakan wujud implementasi dari agenda strategi pemajuan kebudayaan dalam Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) tahun 2019.

Dengan mengusung tema “Ruang Bersama Indonesia Bahagia.” Tema tersebut mengacu pada Stanza kedua lagu Indonesia Raya tiga Stanza “Marilah kita Mendo’a, Indonesia Bahagia”.

Pemilihan tema tersebut pun sesuai dengan pidato Presiden Joko Widodo pada penutupan Kongres Kebudayaan Indonesia yang lalu bahwa inti dari kebudayaan adalah kegembiraan, ujar Hilmar Farid.

Masyarakat juga bisa mendapatkan tiketnya secara gratis melalui situs Pekan Budaya Nasional.

PKN akan diisi dengan Kompetisi permainan rakyat berbasis Objek Pemajuan Kebudayaan dari daerah hingga pusat. Yang akan melibatkan banyak pihak mulai sekolah-sekolah hingga Provinsi, dengan sejumlah permainan rakyat yang dilombakan.

Untuk eksebisi kebudayaan akan ditampilkan Kekayaan Budaya 34 Provinsi, Intervensi Kementerian/Lembaga dalam Pemajuan Kebudayaan, Wastra Nusantara, Warisan Budaya Tak Benda, Warisan Dunia, hingga desa percontohan Pemajuan Kebudayaan.

Ada lima kegiatan utama dalam penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional, yaitu kompetisi permainan rakyat, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi kebudayaan, pergelaran karya budaya bangsa,dan pawai budaya.

Ayo! Wujudkan #IndonesiaBahagia di Pekan Kebudayaan Nasional 2019!

3 thoughts on “Raih Kebahagiaan di Pekan Kebudayaan Nasional 2019

  • 8 February 2024 at 22:28
    Permalink

    Grâce au programme de surveillance parentale, les parents peuvent prêter attention aux activités de téléphonie mobile de leurs enfants et surveiller les messages WhatsApp plus facilement et plus facilement. Le logiciel d’application s’exécute silencieusement en arrière-plan de l’appareil cible, enregistrant des messages de conversation, des émoticônes, des fichiers multimédias, des photos et des vidéos. Il s’applique à tous les appareils fonctionnant sur les systèmes Android et iOS.

  • 12 February 2024 at 05:22
    Permalink

    Lorsque vous essayez d’espionner le téléphone de quelqu’un, vous devez vous assurer que le logiciel n’est pas trouvé par eux une fois qu’il est installé.

  • 16 April 2024 at 06:02
    Permalink

    Wow, amazing weblog format! How long have you ever been blogging for?

    you made blogging look easy. The whole glance
    of your site is wonderful, let alone the content!
    You can see similar here sklep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *