Ritual Pra-Pertandingan Para Pemain NBA All-Star yang Dapat Kamu Nantikan di NBA All-Star Weekend ke-72!

NBA All-Star kembali lagi dengan musim ke-72nya! NBA All-Star Weekend 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Februari di Salt Lake City, Utah dan pada awal bulan ini, NBA telah mengumumkan daftar pemain untuk tim NBA All-Star 2023 baik untuk tim Western Conference yang dipimpin oleh LeBron James maupun tim Eastern Conference yang dipimpin oleh Giannis Antetokounmpo. Kali ini, 14 pemain dari kedua wilayah diumumkan sebagai pemain yang berpotensi untuk melengkapi tim NBA All-Star tahun ini.   

Diumumkan melalui situs resmi NBA, 14 pemain untuk kedua tim All-Star ini dipilih oleh 30 pelatih NBA, dan masing-masing memilih dua pemain berposisi guard, tiga pemain forward, dan dua pemain dari posisi manapun di setiap area untuk masuk ke dalam NBA All-Star Player Pool. Meskipun belum dipilih oleh kedua kapten tim, daftar pemain tahun ini memiliki beberapa ritual pra-pertandingan unik yang mereka yakini dan lakukan selama perjalanan karir mereka. Untuk itu, mari kita intip beberapa ritual pra-pertandingan paling unik yang harus kamu perhatikan pada All-Star Weekend tahun ini! 

Chalk Toss ala LeBron James

Memulai ritual chalk toss yang terkenal sejak tahun pertama LeBron sebagai pemain NBA pada tahun 2003, ritual Scoring King ini menjadi favorit para penggemar di seluruh liga. Sebelum tip-off, LeBron akan mengambil segenggam kapur atau bedak, melemparkannya ke udara dan melihatnya menghilang. Dia memulai ritual ini hanya untuk menjaga tangannya tetap kering sebelum pertandingan dimulai, tetapi dengan perhatian yang diterima LeBron dari para penggemar, dia mulai melakukan ritual ini hampir di setiap pertandingan. Sekarang, para penggemar akan mengambil foto dan menirukan sang legenda saat dia melemparkan kapur ke udara. Benar-benar sebuah ritual yang harus kamu saksikan di NBA All-Star Game 2023.

Tarikan Telinga Jayson Tatum

Beberapa pemain NBA memiliki ritual pra-pertandingan yang penuh takhayul, sementara di sisi lain, superstar Boston Celtics, Jayson Tatum memiliki ritual pra-pertandingan yang lebih bersifat sentimental yang ia selalu lakukan sebelum setiap pertandingan, yaitu menarik kedua telinganya setelah berdoa. Sebelum Game 4 NBA Finals 2022 melawan Golden State Warriors, sang pemain membuka diri tentang alasannya menarik kedua telinganya sebelum setiap pertandingan. Dia menjelaskan bahwa itu adalah anggukan untuk nenek tercintanya. Dengan melakukan hal tersebut, ia berharap dapat membawa sang nenek bersamanya dan membawa sedikit keberuntungan bagi dirinya dan tim sebelum memulai pertandingan penting. Sebuah ritual sebelum pertandingan yang unik namun menyentuh, bukan?

Cincin Pernikahan Nikola Jokic yang diikat di Sepatunya

Nikola Jokic, sang MVP bertahan NBA, seorang pemain yang bermain tangguh di lapangan basket dan mendominasi serangan dengan segala cara yang bisa kita bayangkan, memiliki sisi lembut dalam hal ritual sebelum pertandingan. Nikola mengikatkan cincin kawin di sepatu basketnya di setiap pertandingan selama musim 2021-2022, sebuah gestur hangat dan penuh kasih dari pria bertubuh besar ini setelah menikahi kekasihnya pada Oktober 2020. Cincin pernikahan tersebut menjadi saksi kehebatan Nikola pada musim tersebut, dengan rata-rata 25 poin, 13 rebound, dan hampir 8 assist dalam satu pertandingan.

Tunnel Shot dan 100m Dash Stephen Curry

Pemecah rekor, pemuncak pencetak leaderboard lemparan 3-points terbanyak sepanjang masa, Stephen Curry memiliki serangkaian rutinitas dan ritual sebelum pertandingan yang harus dilakukannya. Setelah mencoba berbagai aktivitas, dia telah memilih dan menemukan apa yang cocok untuknya. Stephen dan pemanasan sebelum pertandingannya menjadi sangat terkenal, sehingga banyak orang yang datang ke pertandingan berjam-jam sebelum pertandingan dimulai hanya untuk melihat Steph mempersiapkan diri. Rutinitas tersebut termasuk tunnel shot terkenalnya yang dimulai pada tahun 2013, dia selalu mencoba dan menembakkan tunnel shot sebelum kembali ke ruang ganti. Anggota staf Warriors bernama Curtis mengoper bola kepadanya, dan Steph menembakan bola dari lorong arena dan tepat setelah melakukan tunnel shot, dia berlari dari lorong langsung ke ruang ganti. Meskipun dia tidak yakin berapa jauh jaraknya, dia suka menyebutnya sebagai lari 100 meter atau 100 dash. Meskipun rutinitasnya mungkin terus berubah, rangkaian yang konstan ini bekerja untuknya.

Takhayul Jason Terry

Selain itu, Jason Terry yang akan menjadi salah satu kepala pelatih ajang Jordan Rising Star karena keterampilannya yang brilian sebagai point guard sebelum pensiun, memiliki serangkaian ritual sebelum pertandingan yang sangat terkenal. Ritual ini melibatkan makan ayam, mengenakan kaus kaki setinggi lutut seperti yang dilakukan ayahnya, dan mengenakan ikat kepala dalam pertandingan. Dan hal paling unik yang dia lakukan saat itu adalah mengenakan celana pertandingan tim lawan saat tidur untuk mendapatkan keberuntungan. Ritual yang diyakini berhasil membantunya menjadi Sixth Man of the year pada musim 2008-2009, di mana ia mencetak 19,6 poin per pertandingan dan memenangkan kejuaraan bersama Dallas Mavericks dua tahun kemudian. 

Itu dia beberapa ritual pra-pertandingan para pemain NBA yang dapat kamu nantikan pada ajang NBA All-star 2023! Selain pertandingan All-Star yang dahsyat, pastikan juga untuk tetap mengikuti rangkaian acara sepanjang akhir pekan dan saksikan rangkaian pertandingan dan kontes menarik, mulai dari Celebrity All-Star Game yang menampilkan selebriti favorit kamu, Rising Stars Game yang menampilkan para rookies yang bersinar, Skills Challenge, kontes 3-Point dan Slam Dunk yang paling ditunggu, dan tentu saja G-League Next Gen Game.

Kamu dapat menyaksikan NBA All-Star Weekend di Vivint Arena, rumah dari Utah Jazz, mulai tanggal 18-20 Februari 2023 yang akan disiarkan secara langsung di Vidio.com, Champions TV, dan Moji sebagai penyiar resmi NBA di Indonesia, dan tentunya dengan langganan NBA League Pass mu!