Salar de Atacama, Salah Satu Perairan Paling Berbahaya di Dunia

Sekolahnews.com – Salar de Atacama dikenal sebagai tempat yang kering di Pegunungan Andes, Cile. Namun siapa sangka, daerah terkering ini adalah salah satu perairan paling berbahaya di Bumi.

Salar de Atacama adalah dataran garam terbesar di Cile. Meski disebut dataran, wilayah ini dikelilingi oleh perairan garam dengan dosis tinggi.

Perairan garam ini memiliki luas 300 km persegi dan berada di ketinggian 3.200 km di atas permukaan laut. Salar de Atacama juga dikelilingi oleh gunung berapi aktif seperti Licancabur, Acamarachi, Aguas Calientes, dan the Láscar.

Menurut Science Focus, Salar de Atacama termasuk dalam perairan paling berbahaya di dunia. Apa sebabnya?

Mengapa Salar de Atacama Disebut Berbahaya?

Sebab Salar de Atacama menjadi salah satu perairan yang perlu dijauhi karena adanya lithium dan arsenic. Kedua komponen kimia ini dikenal berbahaya bagi tubuh manusia.

Menurut situs News Jersey Department of Health lithium dapat menyebabkan mual, kehilangan penglihatan, hingga koma. Kemudian komponen lainnya, arsenic, disebut menjadi salah satu penyebab kanker oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).
Ladang Lithium

Salar de Atacama merupakan tempat terbesar penyedia lithium murni di dunia. Itulah yang membuat Salar de Atacama ramai akan penggalian.

Lithium digunakan dalam baterai yang dapat diisi ulang. Dengan meningkatnya penggunaan smartphone, komputer, dan mobil listrik, permintaan akan lithium semakin tinggi.

Air asin dari bawah kerak akan dipompa ke dalam kolam penguapan. Setelah mengalami penguapan, garam pekat akan tertinggal dan lithium serta bahan lainnya dapat diekstraksi.

Kegiatan penambangan lithium di Salar de Atacama telah berkembang selama bertahun-tahun. Menurut situs United States Geological Survey (USGS), penambangan di perairan garam itu mulai ramai pada tahun 1993 dan terus aktif hingga saat ini.(detik.com).