“Satan Shoes” Digugat Nike

Sekolahnews.com –  Rapper dan penyanyi asal Amerika Serikat (AS) Lil Nas X merilis sepatu dengan nama “Satan Shoes” atau “Sepatu Setan”. Sepatu ini menjadi kontroversial karena berisi setetes darah manusia.

Sepatu edisi terbatas itu juga memiliki tulisan “MSCHF”, perusahaan yang memproduksi sepatu itu. Sepatu juga bertuliskan “Lil Nas X” di bagian belakangnya.

Sepatu “Satan Shoes” milik rapper Lil Nas X kemungkinan tidak akan diproduksi lagi dalam waktu dekat.

Dilansir Aceshowbiz, Kamis, beberapa hari setelah Nike mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta terhadap MSCHF (perusahaan seni) yang bekerja sama dengan pelantun “MONTERO (Call Me By Your Name)”, Nike mendapatkan persetujuan dari pengadilan untuk menghentikan produksi sneakers kontroversi tersebut.
Distrik Timur New York dilaporkan telah mengeluarkan perintah penahanan sementara untuk melarang perusahaan yang berbasis di Brooklyn tersebut untuk memenuhi pesanan apa pun terkait sepatu “Satan Shoes”.

Dalam dokumen pengadilan, juga disebutkan bahwa perusahaan tidak boleh menggunakan logo “swish” Nike atau merek apa pun yang mirip dengan logo Nike.

Persetujuan pengadilan datang setelah Nike mengajukan gugatan terhadap MSCHF atas pelanggaran merek dagang. Nike telah menjelaskan bahwa perusahaan tersebut tidak terlibat dengan produksi sepatu bertema “Satan” dan mengklaim sama sekali tidak terkait dengan proyek ini.

Beberapa outlet media melaporkan bahwa sepatu tersebut terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit. Padahal, sepasang sepatu diharga US$ 1.018 atau Rp 14,7 juta (asumsi Rp 14.000/US$) per pasang.

Prodyseb sepatu atletik Nike Inc menggugat sepatu itu. Pasalnya desain sepatu memodifikasi Nike Air Max 97s.

Setelah mengetahui pengajuan Nike, Nas X melalui laman Twitter-nya memberikan tanggapan atas kasus ini.

Dia me-retweet berita tentang gugatan tersebut menggunakan meme yang menampilkan karakter Squidward di “SpongeBob SquarePants”, di mana dia terlihat sedang membela diri di hadapan sesama penghuni Bikini Bottom.

“Aku hanya bercanda. Ayolah kalian tahu aku hanya bercanda,” kata Nas X.

Pelantun “Old Town Road” itu juga mengeluarkan meme di mana Squidward tampak sedih saat meminta uang kembalian dari dalam kotak di jalan. Dalam pesan yang menyertainya, dia menulis, “Saya setelah gugatan Nike.”