Selamat Hari Anak Sedunia

Sekolahnews.com – Setiap tahun, 20 November selalu diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Menurut PBB bahwa Hari Anak Sedunia menjadi momen penting dalam mempromosikan dan merayakan hak-hak anak.

Hari Anak Sedunia atau World Children’s Day dicetuskan sejak 1945. Hari Anak Sedunia dulunya dikenal sebagai Hari Anak Universal yang diperingati setiap 20 November.

20 November merupakan tanggal yang istimewa, sebab pada 1959, Deklarasi Hak-Hak Anak dicetuskan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal tersebut.

Baca juga: Peduli Pendidikan, 9 Artis ini Dirikan Sekolah untuk Anak Tidak Mampu

Pada 20 November 1989, Majelis Umum PBB mendeklaraasikan Konvensi Hak-Hak Anak.

Konvensi tersebut secara umum membahas kebutuhan dan hak khusus anak. Seluruh negara wajib mengesahkan perjanjian tersebut serta mengikatnya dalam hukum internasional agar dapat bertindak sesuai dengan kepentingan terbaik anak.

Tujuan dari Hari Anak Sedunia ini sebagai peringatan untuk memperlakukan anak dengan baik dan menghormati hak anak seperti orang dewasa lainnya tanpa melihat suku, ras, agama, bahkan tempat tinggal atau negara.

Selain itu, Hari Anak Sedunia diharapkan juga meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan anak.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Memupuk Kreativitas Anak

Dilansir dari situs resmi UNICEF, 2020 ini perayaan Hari Anak Sedunia mengambil tema “Satu hari untuk menata dunia yang lebih baik untuk setiap anak atau “A day to reimagine a better future for every child”.

“Waktu adalah aset terbaik yang dihabiskan untuk anak-anak. Yang mereka minta dari Anda adalah waktu Anda dan apa yang Anda dapatkan adalah kegembiraan yang besar dan cinta tanpa syarat.

Selamat Hari Anak!