Selamat Hari Guru Sedunia

Sekolahnews.com – Hari Guru Sedunia 2022 akan dirayakan pada tanggal 5 Oktober mendatang. Hari Guru Sedunia juga dikenal dengan istilah World Teachers Day. Peringatan ini sebagai apresiasi kepada para guru di seluruh dunia atas jasa mereka dalam membagikan ilmu yang bermanfaat.

Dilansir situs resmi UNESCO, tema Hari Guru Sedunia 2022 adalah “The transformation of education begins with teachers” atau yang diartikan sebagai “Transformasi pendidikan dimulai dari guru”. Tidak hanya merayakan peran guru sebagai sosok yang berperan dalam perkembangan pendidikan, makna tema Hari Guru Sedunia 2022 adalah bentuk dukungan kepada guru-guru agar semakin semangat dalam menebarkan ilmu di seluruh dunia.

Hari Guru Sedunia atau World Teachers Day diperingati sejak tahun 1994. Hari Guru Sedunia ini bertujuan untuk memperingati ulang tahun penandatanganan Rekomendasi ILO / UNESCO 1966 tentang Status Guru yang menetapkan tolak ukur hak dan tanggung jawab guru, standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, serta kondisi belajar-mengajar.

Apa Bedanya Hari Guru Sedunia dengan Hari Guru Nasional?

Peringatan Hari Guru Sedunia diperingati secara global sebagai bentuk apresiasi kepada guru atas jasa mereka dalam memajukan pendidikan. Hari Guru Sedunia juga diperingati setiap tanggal 5 Oktober.

Berbeda dengan Hari Guru Sedunia, Hari Guru Nasional di Indonesia dirayakan pada 25 November setiap tahunnya. Tujuan peringatan Hari Guru Nasional adalah untuk penghormatan kepada guru serta memperingati hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Meskipun terdapat perbedaan tanggal dan makna perayaan, Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional sama-sama merayakan peran guru dalam mengembangkan pendidikan di seluruh dunia.(detik.com).