Sestyc, Aplikasi Berbagi Foto buatan Arek Suroboyo

SekolahNews – Aplikasi berbagi foto Instagram kini memiliki saingan. Aplikasi media sosial berbasis Android ini bernama Sestyc. Dibuat oleh lima milenial asal kota pahlawan, Surabaya.

Mereka adalah Kevin Ciang (18), Andy Kurnia Wijaya (18), Michael Fransesco (18), Lodixon Gonzaller (18), dan Jesslyn (19).

Kelima remaja ini membuat aplikasi Sestyc yang sekilas mirip dengan Instagram namun dengan tampilan yang lebih sederhana, seperti dilansir laman Okezone.com, (11/12/2019).

Baca juga: Instagram Uji Coba Sembunyikan Jumlah “Like” di Indonesia

Aplikasi ini didominasi dengan warna putih dan biru. Kemudian, pengguna bisa melakukan beberapa aktivitas pada aplikasi seperti berbagi foto, pesan instan, dan panggilan gratis.

CEO Sestyc, Kevin Ciang mengungkapkan bahwa dibuatnya aplikasi ini berangkat dari kekhawatiran dengan maraknya media sosial asal luar negeri yang digunakan masyarakat Indonesia. Untuk diketahui, jumlah pengguna internet aktif di Indonesia sudah melewati 171 juta orang.

Namun, lebih dari 99% pengguna internet di Indonesia masih menggunakan media sosial asal luar negeri seperti yang paling mendominasi adalah Instagram, Facebook, WhatsApp yang berasal dari Amerika, dan beberapa media sosial lain seperti Snapchat, Line, Telegram, MiChat, WeChat yang juga berasal dari negara lain.

“Alasan utama kami menghadirkan Sestyc adalah untuk membantu Indonesia dalam memanfaatkan sumber dayanya dengan baik, dalam kasus ini adalah jumlah pengguna internet aktif yang ada di Indonesia,” kata Kevin.

Kevin juga melanjutkan bahwa dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia yang menggunakan media sosial asal luar negeri menunjukan bahwa Indonesia masih belum mandiri dan tidak mampu bersaing dengan negara maju tersebut dan secara langsung memberikan devisa kepada negara itu.

Baca juga: Facebook Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Lindungi Perempuan

Ia pun berharap bahwa Sestyc mampu bersaing dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Sestyc hingga saat ini telah diunduh sekira 114.416 di PlayStore. Aplikasi belum tersedia di perangkat iOS.

Kevin mengatakan bahwa Sestyc memiliki perbedaan dari media sosial lain. Menurut dia, aplikasi memiliki fitur bingkai pada foto profil yang belum diterapkan pada media sosial lain. Selain itu, aplikasi Sestyc juga menerapkan kesederhanaan dari aplikasinya.

Keren ya Gens, dua jempol buat mereka!