Siswa Indonesia Raih 4 Medali Perak di Olimpiade Kimia Internasional 2022

Sekolahnews.com – Siswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dengan menyabet 4 medali perak pada ajang Olimpiade Kimia Internasional atau International Chemistry Olympiad (IChO) ke-54. Olimpiade tersebut diselenggarakan pada 10-17 Juli 2022 secara daring di Tianjin, Tiongkok.

Medali perak tersebut diraih oleh Nathanael Reza Putra Widjaja asal SMA Yakobus Jakarta, lalu Muhammad Dihya Aby Abdi Manaf dari SMA QSBS Al Kautsar 561 Tasikmalaya, Kevin Lius Bong asal SMA Kristen Petra 1 Surabaya, dan Emilda Puteri Aulia dari MAN 2 Kota Malang.

Tak sampai di situ, para siswa Indonesia ini juga meraih penghargaan sebagai “The Best Result in Virtual Experiments” dan memperoleh “The Golden Monkey Award” untuk prestasi tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi memberikan apresiasi kepada Tim Olimpiade Kimia Internasional Indonesia, pembina, serta seluruh pihak yang sudah membantu pelaksanaan kegiatan.

“Perolehan empat medali perak dan dua penghargaan ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa. Selamat kepada seluruh tim di ajang IChO 2022. Semoga pencapaian ini dapat terus ditingkatkan dan dapat menginspirasi generasi muda Indonesia lainnya untuk semangat berprestasi,” ujar Asep dikutip dari keterangan resmi yang diterima pada Minggu.

IChO Diikuti Oleh 83 Negara di Seluruh Dunia

Sebagai informasi, Olimpiade Kimia Internasional tersebut diikuti oleh 83 negara, 1 individual team, 1 observer country, dengan 326 siswa, 166 mentor, dan 140 pengawas. Tim Olimpiade Kimia Internasional Indonesia 2022 dibina oleh tiga mentor yaitu Deana Wahyuningrum (Head Mentor), Fainan Failamani (Mentor) dan Irma Mulyani (Scientific Observer).

Selain itu, mereka juga dibantu oleh dua orang Invigilators (pengawas) yaitu Azis Adharis dari Kimia Universitas Pertamina dan Arie Hardian dari Kimia Universitas Jenderal Achmad Yani.

Olimpiade Diselenggarakan Secara Daring atau Remote Access Exam

Pelaksanaan IChO 2022 dilaksanakan secara remote access exam atau pelaksanaan ujian di negara masing-masing peserta mengingat masih adanya lonjakan kasus Covid-19 khususnya di Tiongkok dan beberapa negara di dunia.

Pelaksanaan remote access exam atau ujian tertulis bagi peserta dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Juli 2022. Proses penilaian hasil pekerjaan siswa, moderasi (arbitration), dan penentuan hasil akhir oleh mentor dan juri Scientific Committee IChO 2022 dilaksanakan dalam rentang 10 – 17 Juli 2022 di Tianjin, Tiongkok.(detik.com).