Susul Spirited Away, Film Animasi Suzume Bersaing di Berlinale

Sekolahnews – Suzume akan berkompetisi pada Berlin International Film Festival (Berlinale) 2023. Ini menjadi kali kedua film anime Jepang mengikuti kompetisi tersebut dalam 21 tahun, sejak Spirited Away. Pada keterangan resmi Suzume, produser Genki Kawamura dan sutradara Makoto Shinkai bersama Nanoka Hara akan menghadiri langsung Berlinale 2023.

Daftar pemenang bakal diumumkan 26 Februari, hari terakhir gelaran Berlinale ke-73. Untuk diketahui, Berlinale 2023 akan mulai digelar pada 16 Februari.

Berlinale adalah festival film yang diprakarsai oleh Federation of International Film Producers Association (FIAPFF) setiap Februari di Berlin, Jerman, sejak 1951 silam.

Berlin International Film Festival dikenal dalam tiga festival film terbesar di dunia, selain Venice International Film Festival dan Cannes International Film Festival.

Sementara itu, Suzume no Tojimari berkisah tentang Suzume, remaja 17 tahun yang melakukan perjalanan di Kyushu setelah bertemu pria yang sedang mencari pintu.

Di suatu hari, Suzume menemukan pintu tua yang berdiri tegak di tengah reruntuhan. Suzume yang terpesona dengan pintu tersebut lantas mendekat, hingga meraih kenop pintu.

Satu per satu pintu di seluruh Jepang lalu terbuka menyebabkan kehancuran bagi siapa pun yang ada di dekatnya. Suzume kemudian berjuang menutup portal tersebut untuk mencegah gelombang bencana.