Ternyata Ini Manfaat Biji Mangga

 SekolahNews – Siapa sangka Biji mangga yang kerap menjadi bagian yang ‘terbuang’ ternyata menawarkan sejumlah manfaat sehat.

Biji mangga kerap dibuang lantaran keras dan memiliki rasa yang lebih pahit. Padahal biji mangga sebenarnya mengandung nutrisi berupa vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Tetapi, agar bisa dimakan dan mendapatkan manfaatnya, biji mangga memang harus diolah terlebih dahulu.

Dikutip dari CNN Indonesia, Jumat, 01/11/2019, di Meksiko, misalnya, biji mangga menjadi salah satu bahan pada saus tradisional. Manfaat biji mangga juga bisa didapatkan dengan menjadikan biji mangga sebagai bahan minuman infused. Selain itu, biji mangga juga dapat dikonsumsi melalui suplemen ekstrak biji mangga.

Berikut manfaat biji mangga mengutip berbagai sumber.

Baca juga:  Ini Risiko Bila Berlebihan Konsumsi Vitamin C
1. Penyakit kardiovaskular

Ekstrak biji mangga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Ketombe

Biji mangga dapat membantu merawat kulit kepala yang berketombe dan rambut yang rusak. Dikutip dari Health Benefits Times, untuk mendapatkan manfaat ini, biji mangga dapat dihaluskan dan dicampur dengan minyak mustard, lalu biarkan beberapa waktu. Aplikasikan campuran ini ke rambut dan kulit kepala.

3. Diare

Biji mangga juga ampuh mengobati masalah pencernaan seperti diare. Dikutip dari NDTV, kandungan vitamin di dalam biji mangga dapat melawan bakteri jahat di dalam sistem pencernaan. Selain itu biji mangga juga kaya akan fenol yang merupakan antioksidan yang baik untuk pencernaan.

4. Gigi

Bubuk biji mangga dapat menjaga gigi tetap sehat dan mencegah gigi berlubang. Dikutip dari Mango, situs tentang mangga, di Karibia biji mangga digunakan untuk menenangkan gusi anak-anak yang sakit

Baca juga: Ini Alasan Remaja Zaman Now Rentan Alami Rambut Rontok
5. Jerawat

Ekstrak atau pun lulur dari biji mangga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Biji mangga dapat menghilangkan komedo, jerawat, kulit-kulit mati. Untuk mendapatkan khasiat ini, racikan biji mangga dapat langsung dioleskan ke kulit dan wajah.