Tetap Semangat Belajar di Masa PJJ

Sekolahnews.com – Rasa malas adalah salah satu sifat alami yang ada pada manusia, sifat malas ini menjadi suatu masalah dalam kehidupan manusia. Apalagi belajar sesuatu yang sulit atau tidak sesuai dengan keinginan.

Ditambah lagi guru yang galak, pasti bikin kepala cenut-cenut, bawaannya ngantuk ingin tidur di kelas. Ada yang pernah mengalami seperti ini? Banyak.

Di masa pandemi covid-19 sekarang ini, sistem pembelajaran saat ini mengharuskan siswa dari berbagai jenjang melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah. Selama belajar di rumah, nyatanya rasa malas lebih dominan datang dibandingkan saat berada di sekolah.

Baca juga: PJJ: Ciptakan Suasana Sekolah di Rumah

Apakah kamu salah satu yang mengalaminya? Nah, untuk melawan rasa malas belajar selama di rumah ada tips jitu yang bisa kamu terapkan supaya lebih semangat. Yuk, dicoba!

1. Buat target dan rencana belajar

Dengan adanya rencana, semua kegiatan kita akan terorganisir dengan baik. Dengan begitu kita menjadi lebih teratur dan semua rencana kita akan berjalan sebagaimana mestinya. Rencana merupakan salah satu strategi dalam mencapai target. Tulislah rencana itu sesuai dengan target dan kemampuan kita secara berkala. Lakukan evaluasi atas kegiatan yang telah kita lakukan, sehingga nanti akan terlihat apakah rencana yang kita buat sudah efektif atau perlu diperbaiki. Ini sangat membantu kita dalam mengatur waktu, sehingga tidak mengerjakan pekerjaan terburu-buru.

Strategi belajar yang tepat akan menjadikan sebuah solusi mengatasi rasa malas anda baik disekolah ataupun dirumah. Stretegi tersebut akan sangat bermanfaat dalam mengubah cara belajar anda.

2. Buat Group Chat Belajar

Pasti kamu bosan cuma belajar menggunakan gadget setiap hari. Belajar di rumah untuk waktu yang lama pasti membuat kamu kerap merasa jenuh, malas, tidak produktif, dan merasa sendiri. Coba cari teman yang bisa diajak berdiskusi dan membahas materi pelajaran bersama-sama.

Baca juga: Memanfaatkan Radio untuk Belajar Jarak Jauh

Disamping belajar, kamu bisa ngobrol seru barang teman-teman secara online. Interaksi sosial dengan teman memang cukup penting untuk membuat kamu tetap sehat secara mental. Kamu pun tetap bisa update dan sharing kesulitan masing-masing selama belajar di rumah

3. Tes Kemampuanmu

Hanya membaca materi dan mengerjakan tugas saja kadang tidak cukup untuk benar-benar memahami materi pelajaran. Agar kamu bisa mengukur tingkat pemahaman kamu, kerjakan latihan soal yang ada di buku-buku maupun situs-situs tertentu dengan teratur. Hasilnya akan menjadi cermin kemampuan kamu.

4. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hobi

Jangan mudah tergoda untuk bermain di saat masih banyak tanggung jawab yang perlu kamu selesaikan. Apabila kamu disiplin, semua dapat berjalan dengan lancar dan kamu bisa mencapai target dengan memuaskan. Sebagai reward usai menyelesaikan kewajiban, kamu pun boleh mengerjakan hobi sesuai minat. Dengan begitu, kamu tak hanya sehat secara fisik saja, tetapi juga secara mental selama belajar di rumah.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat dapat meningkatkan fokus pada diri kita. Setelah istirahat, pikiran jadi segar dan jernih. Hal ini membantu kita  menyerap dan memproses informasi lebih lanjut dengan baik.

Baca juga: Warga Inisiasi “Ruang Kembali Belajar”, Karena 88 Persen Siswanya Tak Punya Internet

Manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin. Pada saat istirahat, hindari bermain game yang menguras pikiran karena otak akan beban pikiran kita. Ada baiknya kita mendengarkan music, nonton film, atauh sekedar jalan-lain.

6. Jangan lupa berdo’a

Berdo’a sebelum belajar menjadi salah satu ikhtiar kita agar diberi kemudahan dan pemahaman saat menuntut ilmu. Untuk itu jangan lupa selalu berdo’a dan memohon kepada Tuhan.