Tips Foto Produk Fashion

Bagi kamu yang menjalankan bisnis online shop (toko online), kamu perlu mempelajari fotografi produk untuk menghasilkan foto produk yang dapat membuat orang tertarik membelinya.

Jangan anggap remeh foto produk yang kamu jual. Kamu juga tidak boleh asal menjepret, lalu mengunggahnya di website toko online dan akun media sosial toko online. Perhatikan baik-baik cara memotretnya.

Berikut simak beberapa tips yang bisa diterapkan dalam fotografi produk agar mendapatkan hasil terbaik:

  • Gunakan bantuan manekin

Konsep foto produk pakaian untuk jualan online adalah memberikan gambaran nyata bagaimana baju itu nantinya dipakai. Agar calon pembeli Kamu tahu bagaimana pakaian tersebut jika digunakan maka kamu perlu menggunakan model.

Menghire model memang cukup mahal dan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan manekin atau patung boneka.

Menggunakan manekin untuk pemotretan pakaian adalah langkah yang tepat. Dengan manekin pakaian yang kamu jual akan tampak lebih hidup dan terlihat lebih menarik. Dibandingkan menggunakan model, manekin juga lebih hemat karena bisa digunakan berulang kali. Kamu yang baru memulai bisnis online pakaian tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk sewa model.

  • Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan yang kurang akan menghasilkan foto dengan kualitas kurang juga. Cahaya menjadi fakto penting dalam setiap pemotretan, apalagi dalam foto jualan baju. Jika cahayanya kurang, maka detail produk fashion bisa bisa tidak terlihat atau mungkin memberikan kesan suram. Cahaya yang terlalu terang nyatanya juga tidak baik karena akan membuat sakit mata.

Jika lokasinya outdoor maka bisa gunakan cahaya matahari sebagai sumbernya. Ditambah dengan beberapa lightning jika saja hasil fotonya kurang terang. Dan jika menggunakan setting tempat indoor maka kalian bisa menggunakan lampu ruangan dan juga lightning fotografi yang ada.

  • Menyetrika baju bikin foto makin estetik

Kerapian baju sangat mempengaruhi hasil akhir dari foto produk jualan kamu. Karena itu, setrika baju jualanmu terlebih dahulu sebelum di foto.

Terdengar lucu saat teknik pengambilan foto yang kamu lakukan tampak bagus. Tapi justru baju yang kamu jual malah tampak kusut. Hal ini dapat mengurangi minat pembeli.

  • Ambil foto dari berbagai sisi & manfaatkan tripod

Untuk menampilkan produk dari beragam sisi, penting untuk memotretnya dalam beragam angle. Misalnya, foto dari sisi atas, dari depan, atau foto beberapa detail lainnya seperti pola baju, bahan pakaian, model kerah, dan lain sebagainya. Selain itu, semakin banyak foto diambil dari berbagai sisi, pembeli jadi punya gambaran lebih detail mengenai produk baju yang hendak mereka beli.

Dengan demikian, kepercayaan pembeli juga akan semakin meningkat. Kamu juga disarankan untuk menggunakan tripod atau menggantungkan produk untuk hasil yang lebih stabil dan konsisten dalam menjaga ketinggian, kedekatan, dan sudut kamera.

  • Coba berbagai style

Tidak ada salahnya untuk bereskperimen saat melakukan foto produk. Cobalah berbagai gaya, seperti menggunakan aksesori dan latar belakang berbeda yang sesuai dengan ide produk.

Misalnya, memotret foto flat lay dengan memerhatikan estetika produk.

Namun, jangan sampai aksesori dan latar belakang terlalu mengganggu fokus produk yang akan difoto. Pastikan kamu tetap menjadikan produk sebagai elemen utama foto.

Hindari juga menggunakan properti foto yang tidak relevan atau tidak menambah nilai apa pun pada produk.