Tips Hiking Bagi Pemula

Akhir-akhir ini kegiatan mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pencinta alam, melainkan kegiatan favorit dilakukan di kalangan muda mudi yang umumnya terdiri dari pelajar dan mahasiswa. Banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung, tapi tak sedikit juga yang belum begitu mengenal dengan kegiatan satu ini.

Bagi orang yang sudah biasa pergi ke gunung, hiking merupakan hal yang cukup mudah untuk mereka lakukan. Namun, buat pendaki pemula yang baru mencoba pasti merasa berat dan takut untuk mencobanya. Buat yang ingin hiking ke gunung untuk pertama kalinya, tidak ada salahnya untuk mengikuti saran di bawah ini.

1.Kondisi Tubuh Fit

Mendaki gunung bukanlah perjalanan yang sebentar. Apalagi jika kita baru pertama kali hiking dan tidak tau apa saja yang harus kita lewati. Pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan fit agar perjalananmu berjalan lancar.

2.Melatih otot kaki dan kesimbangan

Kegiatan melatih otot kaki bisa dilakukan dengan lari di pagi hari atau sore hari, diusahakan rutin dilakukan seminggu sebelum mendaki . kegiatan ini bertujuan untuk melatih otot kaki agar terbiasa dalam mendaki gunung mengingat kondisi jalan yang harus dilalui tidak lah mudah. Tapi jangan khawatir apabila kamu bisa rutin dalam melakukan kegiatan ini, trek yang sesulit apapun mampu kamu lewati dengan mudah. Selain lari pagi ada juga hal yang harus kamu latih yaitu kesimbangan. Untuk melatih keseimbangan, bisa dilakukan dengan senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat dengan satu kaki. Kegiatan ini ideal dilakukan setelah lari pagi atau sore sudah kamu lakukan. Apabila lari pagi atau sore dan senam kecil sudah di lakukan secara rutin, maka pemula sudah lolos tahap awal dalam persiapan medaki gunung.

3.Konsumsi

Konsumsi merupakan salah satu hal yang penting dalam proses mendaki gunung. Berikut konsumsi yang harus di bawa yaitu air putih 2 botol berisi 1.5L, Roti, Nasi dan lauk kalo perlu, Mie instant, coklat untuk menambah tenaga kamu saat mendaki, kopi atau sejenisnya dan air cadangan. Itu merupakan konsumsi pokok pada umumnya yang di bawa oleh pendaki.

4.Cara berjalan ketika mendaki

Ketika mendaki gunung juga tidak asal-asalan dalam berjalan, pastinya kamu tidak ingin hal-hal buruk terjadi. Berikut tips untuk berjalan di trek yang sulit.Yaitu dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tetap focus pada pijakan. Apabila kaki kamu kaku maka kemungkinan cidera bisa terjadi dan itu akan menghambat kamu dalam proses mendaki.

5.Diusahakan tidak mengeluh

Mengeluh dalam perjalanan mendaki merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Dengan mengeluh akan mempengaruhi psikis dalam diri kita dan bisa berimbas pada tubuh. Dalam proses pendakian sebaiknya jangan mengeluh walaupun dalam keadaan seperti apapun, alangkah baiknya menyemangati diri sendiri dan selalu ceria agar perjalan mendaki gunung mu tidak terasa semakain berat dan yang pasti mengasyikan.

6.Ikuti instruksi dan larangan petugas gunung

Sebelum mendaki kita tentunya harus mendaftar dulu ke petugas gunung setempat, nah setelah kita melakukan proses pendaftaran tersebut pastinya petugas gunung akan memberikan intruksi dan larangan ketika kita dalam perjalan mendaki gunung. Maka patuhilah instruksi dan larangan yang merekan sampikan.