Tips Mendaki Bagi Pemula

Bagi kaum pemula, ada beberapa tips mendaki gunung yang perlu diikuti, agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan.

Mendaki gunung menjadi hobi yang biasa dilakukan banyak orang untuk melepas penat. Selain untuk menyegarkan pikiran, pemandangan yang disuguhkan di atas gunung pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Bagi kamu yang belum pernah mendaki gunung, gak usah risau karena banyak cara yang bisa membantumu sukses melakukan pendakian pertama.

Tips mendaki untuk pemula :

• Membawa Pakaian yang Hangat

Memakai pakaian biasa menjadi kesalahan yang sering dilakukan saat mendaki gunung. Padahal, pakaian tersebut belum tentu melindungi diri dari medan berat yang dihadapi saat mendaki.

• Jaga kondisi tubuh tetap sehat

Kesehatan kondisi tubuh adalah hal utama yang wajib diperhatikan. Sebab, para pendaki harus lebih ekstra memerhatikan dan menjaga agar tubuh tetap prima sebelum pendakian. Jika tubuh sehat dan bugar, mendaki pada saat musim hujan memungkinkanmu tidak mudah terkena penyakit, seperti flu, batuk, dan demam.

• Pahami lokasi dan jalur yang akan didaki

Selain mempersiapkan keadaan fisik, kamu juga harus memahami lokasi dan jalur yang akan kamu daki. Tak semua gunung memiliki karakteristik serupa, sehingga kamu perlu paham betul medannya. Supaya tetap nyaman dan aman saat mendaki, kamu harus paham rute dan peta perjalanan yang akan kamu tempuh. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau tersesat saat mendaki.

• Ajak teman satu tim minimal tiga orang

jangan sampai melakukan pendakian seorang diri atau hanya berdua ya. Apalagi untuk pendaki pemula, itu sangat tidak dianjurkan. Pendakian yang ideal, satu tim minimal tiga orang.

• Perhatikan Langkah Kaki

Saat mendaki perlu memperhatikan langkah kaki agar tidak terkilir karena medan yang tidak rata. Pasalnya, melangkah di tempat yang salah menjadi risiko terbesar yang dialami oleh pendaki. Selain terkilir juga berisiko tersandung akar pohon, atau menginjak satwa liar seperti ular. beracun. Mengobrol, beristirahat, atau menggunakan gadget boleh saja, tetapi perhatikan langkah kaki saat berjalan.

• Pilih medan pendakian yang mudah

Jika medan pendakian di gunung yang hendak dituju dirasa sulit untuk ditempuh pada saat musim hujan, pilihlah gunung dengan medan pendakian yang mudah ditempuh.

• Siapkan banyak pakaian ganti

Saat menyiapkan pakaian ganti, bawalah lebih banyak dari biasanya. Andai baju yang dikenakan basah karena hujan, kamu bisa ganti dengan baju kering agar tidak kedinginan. Jangan lupa bungkus baju di dalam tas dengan plastik untuk menjaganya agar senantiasa kering.

• Jaga etika saat mendaki

Saat memutuskan mendaki gunung, artinya kamu siap menjaga etika dan tata krama yang berlaku. Kamu juga harus menjaga kebersihan agar alam tetap lestari. Kamu dilarang buang sampah sembarang atau memetik tanaman tertentu. Selain itu, usahakan untuk selalu ramah dengan setiap pendaki yang berpapasan.