Tips Mendekor Rumah Kecil yang Bergaya Hygge

Tren desain interior Skandinavia digemari banyak pemilik rumah di seluruh dunia. Ini termasuk gaya desain Hygge yang berasal dari Denmark.

Beberapas umber mengungapkan bahwa Hygge (diucapkan “hoo-ga”) bukan hanya tentang gaya desain interior hunian, tetapi lebih merupakan perasaan nyaman secara keseluruhan.

Ada banyak cara menerapkan Hygge di rumah Anda. Akan tetapi, semuanya bermuara pada menciptakan lingkungan yang ramah, hangat, dan tenang di rumah. Bagian terbaik dari Hygge adalah tidak memerlukan rumah yang besar untuk mencapainya.

Gaya desain Hygge sangat cocok diterapkan di rumah kecil. Dengan demikian, gaya ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendekorasi rumah kecil menjadi tempat bernaung yang nyaman dan menenangkan.

Berikut beberapa tips mendekor rumah kecil dengan gaya desain Hygge mnurut beberapa sumber yang bisa jadi inspirasi.

Fokus pada tempat tidur

Karena berasal dari Skandinavia, tidak mengherankan jika Hygge bertumpu pada prinsip minimalis dalam gaya modern. Salah satunya adalah fokus pada tempat tidur dengan menggunakan seprai dan selimut berlapis yang nyaman. Tampilan tempat tidur Anda tidak perlu rapi, namun harus membuat Anda merasa nyaman dan tenang. Jika selimut tebal membuat Anda kepanasan dan tidak nyaman, fokuslah pada lapisan ringan dan dapat bernapas yang dapat Anda lepaskan sesuai kebutuhan.

Gunakan lilin

Salah satu cara termudah untuk menambahkan kesan Hygge ke ruangan adalah dengan menyalakan lilin aromaterapi yang menyebarkan aroma menyenangkan. Lilin sangat penting untuk tampilan Hygge, menawarkan salah satu cara termudah untuk menambahkan kehangatan ke rumah kecil. Susun lilin dengan rapi di rak buku, meja kopi, atau di sekitar bathtub dan Anda dapat turut merasakan bagaimana orang Denmark bersantai.

Unsur luar ruangan

Pada 2018, ada hampir tiga juta tagar #hygge di Instagram, diisi dengan foto-foto selimut yang nyaman, api unggun, dan kopi. Tren desain interior rumah ini pun diyakini belum akan surut dalam waktu dekat. Tanaman hijau adalah salah satu unsur penting dalam Hygge. Tanaman bisa sangat menenangkan, memurnikan udara, dan membantu membuat ruangan terasa nyaman. Letakkan beberapa tanaman pembersih udara ini di ruangan Anda untuk menampilkan gaya Hygge.

Fokus pada pencahayaan

Tambahkan beberapa lampu bernuansa kafe atau lampu string ke bingkai tempat tidur atau di atas kursi baca untuk efek Hygge. Pencahayaan yang tepat dapat langsung membuat ruangan terasa hangat dan menarik. Bagian terbaiknya adalah Anda tidak memerlukan ruang tambahan untuk bermain-main dengan tampilan ini.

Hygge tidak membutuhkan perabotan

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa untuk menerapkan Hygge, Anda membutuhkan rumah yang penuh dengan perabotan Skandinavia modern. Meskipun rumah harus rapi dan minimalis, filosofinya sebenarnya tidak memerlukan furnitur sama sekali. Jika Anda tidak dapat memasukkan furnitur modern apa pun di rumah kecil atau ruangan sempit, beberapa bantal lantai adalah yang Anda butuhkan.

Rajutan

Setelah membersihkan rumah, Anda memiliki alasan yang bagus untuk tinggal di rumah dan mempelajari beberapa kerajinan baru. Merajut adalah salah satu kerajinan yang paling higienis untuk ruang kecil karena nyaman dan dapat memberikan kesenangan sejati tanpa banyak ruang.

Jika Anda belum pernah merajut, Anda dapat dengan mudah belajar online untuk memberikan kenyamanan di rumah yang terinspirasi dari Denmark. Anda juga dapat menempatkan beberapa hasil kerajinan rajutan sebagai elemen dekorasi rumah.