Tips Menghadapi Ujian Nasional

SekolahNews – Seperti biasa bahwa setiap tahun akan diadakan ujian nasional yang dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Setiap tahunnya, ujian nasional dilakukan secara serentak oleh murid tingkat akhir di seluruh wilayah Indonesia. Ujian Nasional menjadi masalah tersendiri karena hasilnya menjadi syarat untuk siswa memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi. Untuk itu maka setiap siswa berlomba-lomba mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional.

Berikut ini beberapa tips menghadapi ujian nasional :

1. Jauhkan pikiran negatif tentang ujian nasional

Kita seringkali dibayangi ketakutan bahwa ujian nasional sangat menyeramkan, soal-soalnya pasti susah banget, kita pasti nggak bisa deh, dan lain-lain.
Rileks dulu, buang jauh-jauh kesan itu. Kita sudah pernah melewati UN pada jenjang pendidikan sebelumnya kan ?  Kondisinya nggak akan jauh beda dengan UN yang akan kita hadapi sekarang.

2. Membuat Strategi

Mulai tingkatkan semangat belajar, bikin jadwal belajar, membuat rangkuman, rajin latihan soal, bentuk kelompok belajar bersama teman-teman dan ikut bimbel di sekolah atau diluar sekolah.

3. Mengikuti Try Out

Kita harus sering mengikuti try out, baik dari dalam sekolah maupun luar sekolah. Hal ini secara tidak langsung melatih mental kita dalam menghadapi UN nanti.

4. Jaga Pola Makan  

Jaga kesehatan selalu fit. Atur pola makan sehingga kondisi badan sehat selalu.

5. Manajemen Waktu

Setelah kita rajin mengerjakan latihan soal dan mengikuti try out, maka kita akan tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengerjakan soal yang mudah dan sulit. Kita harus memanfaat waktu sebaik mungkin dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan membatasi waktu maksimal untuk mengerjakan soal yang sulit.

Demikian tips menghadapi ujian nasional. Semoga bermanfaat.

205 thoughts on “Tips Menghadapi Ujian Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *