Tips Mudah Merawat Kulit Wajah, Nggak Perlu Skincare Mahal

SekolahNews — Siapa sih yang tidak ingin punya kulit yang sehat dan bersih? banyak cara yang dilakukan, mulai dari yang perawatan yang alami hingga menggunakan obat-obatan, seperti penggunaan skincare.

Beberapa bahkan memaksakan diri untuk melakukan perawatan kulit dengan menggunakan skincare KW atau tidak asli yang harganya lebih murah, tapi kualitas dan keamanannya diragukan. Akibatnya kulit mereka rusak hingga kena kanker kulit.

Baca juga: Ternyata Ini Manfaat Biji Mangga

“Sebenarnya tergantung bahan yang digunakan. Pemalsuannya mengandung bahan apa. Memang ada bahan yang kita tidak tahu dan bersifat merangsang kemunculan kanker namanya karsinogenik. Kalau mengandung itu, otomatis memicu kanker itu tumbuh,” kata Menurut  dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari DNI Skin Center, seperti yang dilansir dari detik.com.

dr Darma mencontohkan seperti tabir surya palsu. Umumnya tabir surya berfungsi untuk melindungi dari sinar matahari dan mencegah kanker. Tapi, jika membeli produk yang palsu malah akan terjadi hal yang buruk.

“Kalau palsu kan dia nggak ada kekuatan melindungi, nggak ada obatnya jadi orang yang menggunakan merasa pakai tapi sebenarnya masih terpapar sinar matahari. Itu yang bisa menjadi pemicu kanker kulit,” terang dr Darma.

Menurut  dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari DNI Skin Center pada dasarnya untuk merawat kulit itu sederhana dan tidak perlu skincare mahal.

“Yang penting kita lalukan pembersihan dulu, bisa menggunakan sabun, toner, cleanser. Kedua sunblock. Variannya banyak ada yang bentuknya gel, spray, atau krim untuk pelindung dan tabir surya “, tukasnya. Ada beberapa tahapan yang memang dianjurkan untuk merawat wajah. Tapi produk dari rangkaian tersebut tak harus mahal sebab efek yang akan timbul juga kurang lebih sama.

Baca juga: 6 Resiko yang Dialami Kulit karena Terlalu Sering Mencuci Muka

“Tidak harus mahal karena bahan itu dengan harga murah pun hasilnya hampir sama,” ucapnya.

Selain rangkaian itu, bisa juga menggunakan skincare yang bersifat terapi seperti serum untuk mencerahkan atau dalam hal pengobatan. Misalnya krim malam yang mengandung vitamin A atau lainnya.

“Kalau serum, essence kan harapannya efek terapi misal mencerahkan, melembabkan, glowing. Tapi yang paling minimal adalah tabir surya,” pungkasnya