Tokopedia Buka Pusat Layanan Pengguna Ramah Difabel di DIY

Sekolahnews.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan pusat layanan pengguna Tokopedia Care di Yogyakarta pada Rabu (15/6).

Kehadiran Tokopedia Care di Yogyakarta dilatarbelakangi oleh jumlah pembeli di Tokopedia khusus di Yogyakarta yang meningkat hampir dua kali lipat selama kuartal 1-2022 dibanding periode yang sama pada 2021.

Untuk itu, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Pemerintah DIY pun mengapresiasi adanya pusat layanan tersebut.

“Semoga pusat layanan pengguna ini dapat terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat. Hadirnya Tokopedia Care Yogyakarta juga bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk talenta terbaik di DIY, termasuk perempuan dan difabel,” ujar Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam keterangan tertulis.

Bekerja sama dengan PT IGT Solutions, Tokopedia Care Yogyakarta kini berhasil memberdayakan lebih dari 900 Nakama yang sebagian besar merupakan talenta lokal setempat. Tidak hanya itu, Tokopedia Care Yogyakarta juga membuka peluang kerja seluas-luasnya bagi para talenta digital terbaik DIY, termasuk perempuan dan difabel.

Secara keseluruhan, Tokopedia – yang adalah bagian dari Grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial – saat ini terdiri dari lebih dari 6.000 Nakama. 

Lebih lanjut, Tokopedia Care Yogyakarta makin dapat dipercaya karena telah berbasis digital dan mengedepankan AI, serta memiliki fasilitas lengkap dan inklusif. Senior Vice President of Sales Operation and Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe menyebutkan, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan digital customer service atau layanan pengguna yang sepenuhnya berbasis digital.

Berbasis digital dan mengedepankan AI Artinya, pengguna Tokopedia dapat mengakses dan menyelesaikan segala kendala secara cepat, tepat dan transparan melalui layanan 24/7 Tokopedia Care yang tersedia lewat berbagai kanal digital, termasuk chatbot, live chat, media sosial, email hingga Pusat Resolusi.

Sedangkan fasilitas lengkap dan inklusif artinya Tokopedia Care Yogyakarta dilengkapi dengan sederet fasilitas yang mendukung produktivitas Nakama dari berbagai latar belakang.

Rudy juga menjelaskan, gedung Tokopedia Care memiliki infrastruktur yang ramah difabel. Mulai dari meja khusus pengguna kursi roda, jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal hingga mushola dan kamar kecil yang dirancang khusus untuk difabel.

“Untuk mempermudah pelaku UMKM DIY mengembangkan usaha, Tokopedia Care juga nantinya akan dilengkapi dengan Merchant Engagement Hub di mana para UMKM dapat berkumpul, berkonsultasi dengan tim Tokopedia Care dan mengikuti berbagai program edukasi lainnya,” pungkas Rudy.(cnbcindonesia.com).