Top! SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di Kompetisi Internasional Harvard University

Sekolahnews.com – Harvard Model United Nations (HMUN) kembali diselenggarakan pada 26 – 29 Januari 2023, di Hotel Sheraton, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Kompetisi internasional ini diusung oleh Harvard University.

Tahun ini, HMUN diikuti oleh 3.758 siswa sekolah menengah dengan didampingi 532 guru dari 50 negara. HMUN merupakan sebuah lomba simulasi sidang PBB tertua dan paling bergengsi di dunia.

Pada ajang ini, para siswa diuji wawasan dan keterampilannya dalam berdebat, bernegosiasi, melobi, membangun kompromi, menyelesaikan masalah, hingga membuat “position paper”, dan resolusi terkait isu-isu global kontemporer yang jadi pembahasan di organisasi PBB.

Harvard University telah menyelenggarakan HMUN sejak 1927. Tahun ini, SMA Labschool Jakarta kembali menjadi satu-satunya delegasi Indonesia.

HMUN Diikuti oleh 35 Siswa SMA Labschool Jakarta

Sekolah yang berlokasi di Jakarta Timur itu memboyong 35 siswanya dengan didampingi dua guru, Satriwan Salim dan Nuniek Qurniasih. Kepala sekolah SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro juga turut hadir.

Sejak 2014, sekolah ini menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang diundang oleh Harvard University untuk mengikuti HMUN. Namun, partisipasi sempat terhenti karena pandemi covid-19 yang melanda di tahun 2021-2022.

Dalam sambutannya, Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan melalui Model UN (HMUN), para siswa akan memperluas wawasannya.

“Dengan belajar dan berjejaring, Anda dapat menjadi bagian dari upaya PBB untuk membangun perdamaian, mengamankan hak asasi manusia, dan memungkinkan semua orang untuk hidup bermartabat,” dalam sambutan tertulisnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal HMUN 2023, Ruhi Nayak mengatakan HMUN menantang siswa untuk berpikir dan memberi solusi atas persoalan global yang kini terjadi.

Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro yang ikut serta mendampingi delegasi Labschool menuturkan bahwa para siswa sangat antusias mengikuti HMUN. Kesempatan untuk membangun kolaborasi dan jejaring internasional di antara 50 negara.

“Pengalaman sangat berharga bagi anak-anak kami, berjumpa, membangun dialog, bernegosiasi, mensimulasikan diri seperti diplomat, bersidang, dan membuat solusi,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menceritakan, 35 siswa SMA Labschool Jakarta yang hadir di Harvard sebelumnya sudah mengikuti serangkaian persiapan yaitu pelatihan selama 4 bulan di sekolah.

Tanggapan Siswa Indonesia Peserta HMUN

Hingga kini, HMUN 2023 masih terus berlangsung di tengah suhu luar ruangan mencapai 1-3° celcius di kota Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Farrel Refaya Akbar, salah seorang perwakilan siswa mengatakan bahwa mengikuti HMUN menjadi pengalaman yang berharga. Meski cukup berat, dirinya mengaku senang bisa hadir di kampus terbaik dunia.

“HMUN cukup berat, melatih skill debat, negosiasi, kepemimpinan. Tapi saya senang bisa di sini. Universitas Harvard adalah kampus impian banyak anak di dunia. Saya bersyukur dan bangga memenuhi undangan Harvard,” pungkasnya.(detik.com).