Umumkan Inisiatif Untuk Akhiri Kemiskinan Ekstrim di Dunia, Perusahaan Sosial Asal Australia Thankyou, Jajaki Kemitraan dengan P&G dan Unilever

Jakarta, 29 September 2020 – Pada hari ini, perusahaan sosial asal Australia penghasil produk kebutuhan konsumen sehari-hari seperti rangkaian produk perawatan pribadi dan perawatan bayi, Thankyou, mengumumkan inisiatif untuk menjalin kemitraan dengan P&G dan Unilever, dua perusahaan consumer goods terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Melalui inisiatif kemitraan ini, Thankyou berharap kedua perusahaan tersebut dapat membantu dalam memproduksi dan mendistribusikan produk-produk Thankyou secara global sehingga upaya Thankyou dalam  membantu mengakhiri kemiskinan ekstrem didunia dapat terwujud. Adapun untuk meyakinkan kedua perusahaan tersebut, Thankyou mengajak masyarakat dunia, termasuk masyarakat di Indonesia untuk turut berpartisipasi aktif dengan menunjukkan kekuatan kolektif yang dipercaya dapat membantu mewujudkan perubahan ini, melalui sebuah gerakan sosial yang bertajuk “No Small Plan Campaign”.  

Kampanye “No Small Plan” ini merupakan wujud komitmen Thankyou dalam membantu mengakhiri kemiskinan ekstrim di dunia sebagaimana tujuan awal Thankyou didirikan, sekaligus merupakan upaya nyata Thankyou dalam mengatasi kesenjangan yang terjadi antara banyaknya pengeluaran yang dihabiskan untuk konsumsi produk pada setiap tahun, yakni sebesar $63 triliun** dengan banyaknya jumlah orang yang masih hidup dalam kemiskinan ekstrim diseluruh dunia, yakni sebanyak 736 juta orang*. Upaya Thankyou dalam mengubah konsumerisme menjadi kebaikan terlihat dalam model bisnis yang diterapkan, yakni setelah semua biaya dalam menjalankan bisnis dan menghadirkan produk berkualitas bagi konsumen telah terpenuhi, maka setiap sen sisanya akan dialokasikan untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem didunia. 

“Dengan total pengeluaran senilai $63 triliun yang dihabiskan untuk konsumsi produk setiap tahun sementara dilain pihak terdapat 736 juta orang yang terjebak dalam kemiskinan ekstrim, kami percaya bahwa ada yang perlu diperbaiki dari model bisnis pada umumnya,” ungkap Daniel Flynn, yang mendirikan Thankyou pada 2008 bersama dengan Justine Flynn dan Jarryd Burns.  

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dirinya percaya bahwa bersama dengan dukungan dari  masyarakat dunia dan jalinan kemitraan dengan salah satu dari dua perusahaan terbesar di dunia, dapat membantu mengatasi kesenjangan yang terjadi dengan menyalurkan dana yang dihabiskan untuk konsumsi produk guna membantu mengakhiri kemiskinan ekstrem.” 

Saat ini, Thankyou mendistribusikan produknya di dua negara terkecil di dunia, yakni Australia dan Selandia Baru. Namun, seiring dengan mewabahnya COVID-19 yang menyebabkan angka kemiskinan global meningkat, begitu pula halnya dengan permintaan akan produk perawatan pribadi seperti pembersih tangan, Thankyou merasa bahwa inilah saatnya untuk tumbuh dan berkembang. Jika P&G atau Unilever bersedia untuk bermitra dengan Thankyou, maka bersama-sama mereka dapat mengubah sejarah dan mengarahkan jutaan dolar konsumen untuk membantu mengakhiri kemiskinan ekstrim. 

Adapun untuk mendorong P&G dan Unilever mengatakan “I’m In” dan bermitra dengan Thankyou untuk mengubah konsumerisme menjadi kebaikan bagi dunia, Thankyou meyakini bahwa mereka perlu melihat dampak kolektif dari suara masyarakat dunia yang bersatu menyuarakan keinginan untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem. Adapun untuk bergabung dengan Thankyou dan menunjukkan dukungan dalam gerakan sosial ini, masyarakat dunia, termasuk Indonesia dapat memanfaatkan akun media sosial mereka dan mengikuti langkah-langkah berikut: 

● Posting foto atau bagikan tema gerakan sosial dengan menulis “I’m in, are you?” 

● Tag @proctergamble dan @unilever @thankyouaus 

● Sertakan Hashtag #thankyoutotheworld 

● Bagikan video Thankyou untuk membantu penyebaran ini lebih jauh 

Thankyou telah menjadwalkan pertemuan virtual dengan P&G dan Unilever pada akhir periode kampanye. Adapun Pada tanggal 5 November, Thankyou akan mengumumkan hasil dari pertemuan virtual tersebut sekaligus menginformasikan perusahaan mana yang bersedia untuk bermitra dengan Thankyou untuk kemudian akan dipublikasikan di salah satu baliho digital terbesar di dunia, Times Square yang berlokasi di Kota New York, Amerika Serikat. 

Thankyou berinisiatif mengadakan kampanye bertajuk “No Small Plan” karena Thankyou percaya bahwa mengubah jalannya sejarah dengan mengarahkan jutaan dolar konsumen untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem selamanya, bukanlah rencana yang kecil.