Varian Hidangan Pasta

Kalau berbicara soal pasta, Italia tidak usah diragukan lagi. Sebagai produsen dan konsumen terbesar di dunia, sekitar 25 kg per orang setiap tahun, orang Italia mungkin adalah satu-satunya orang yang senang makan pasta lebih dari sekali setiap hari.

Bagi orang Italia pasta selalu dianggap sebagai hidangan tersendiri dan bukan sebagai karbohidrat dasar untuk menemani lauk-pauk. Pasta di Italia disajikan setelah hidangan pembuka dan sebelum hidangan daging atau ikan.

Ini adalah beberapa hidangan pasta yang bisa kamu coba.

Fettuccine Carbonara

Saus pasta satu ini memang sudah terkenal kelezatannya. Menemukannya pun mudah, hampir seluruh kafe dan restoran masakan western pasti menyajikan menu pasta carbonara ini. Tekstur lembut dari saus creamy-nya itu, lho! Nggak bisa untuk dilewatkan.

Tapi, nggak hanya restoran western atau kafe saja kok yang bisa menyajikannya. Kamu pun bisa membuatnya dengan mudah di rumah, tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Spaghetti Aglio Olio

Kalau carbonara memiliki tekstur yang creamy, aglio olio ini justru memberikan rasa gurih yang cenderung “kering”. Tapi bukan berarti nggak terasa enak. Justru aglio olio ini memberikan rasa nikmat nan sederhana yang membuat kita nggak bisa berhenti menyantapnya.

Macaroni ‘n Cheese

Menyantap menu pasta satu ini nggak susah, sudah banyak beredar versi instannya dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, kandungan sodiumnya cukup tinggi, nggak baik jika disantap terlalu sering. Lagipula, kamu bisa membuatnya sendiri, kok. Hanya perlu 5 bahan utama saja dan rasanya nggak kalah nikmat deh dengan yang versi instan.

Macaroni Schotel

Pasta nggak hanya identik sebagai makanan berat saja, tapi bisa juga dijadikan camilan saat sedang menonton TV atau mengerjakan PR. Nah, salah satu menu pasta yang bisa dijadikan camilan adalah macaroni schotel. Untuk membuatnya, kamu nggak harus punya oven, kok, karena bisa diakali dengan mengukusnya.

Amatriciana

Banyak orang Italia masih bertengkar tentang bagaimana menamainya, dengan atau tanpa inisial ‘a’ (matriciana). Namun nama tersebut jelas mengacu pada desa pegunungan Amatrice, tempat guanciale terbaik berasal.

Ini adalah salah satu resep Romawi paling popular. Olahan pasta khas Italia yang kaya dan beraroma ini dibuat dengan saus tomat, potongan guanciale kecil yang renyah dan keju Pecorino parut yang Banyak.

Versi lama dari resep yang disebut gricia, yang masih sangat populer di restoran Roma, tidak memasukkan tomat dan menambahkan bahan lain seperti bawang putih atau bawang bombay yang tidak disukai oleh setiap pecinta kuliner Italia.

Ziti alla Genovese

Olahan pasta khas Italia ini bisa membingungkan karena saus Genovese menyandang nama kota Genoa di Italia utara, tetapi aroma hidangan ini berasal dari Napoli di selatan Italia.

Baik nama maupun resepnya bisa jadi sebenarnya berasal dari Genoa yang diperkenalkan ke Napoli oleh para pelaut yang datang dari Liguria. Namun hari ini, tidak ada jejak hidangan serupa ini di Genoa.

Memotong-motong ziti buatan sendiri (pasta berbentuk tabung panjang yang menyerupai makaroni besar yang harus dipotong kecil-kecil untuk dimasak dan dimakan) adalah bagian dari tradisi lokal.

Cacio e Pepe

Hidangan kuno yang asalnya dari zaman Romawi ini dianggap sebagai salah satu hidangan Italia paling sederhana dan paling memuaskan. Cacio e pepe terdiri dari pasta yang biasanya berupa spaghetti, keju Pecorino Romano yang sudah tua, garam, dan banyak lada hitam.

Karena bahan-bahannya mudah dibawa dan tidak mudah rusak, makanan ini pernah menjadi hidangan favorit para gembala Romawi.

Lada pedas melindungi para gembala dari pengaruh cuaca dingin di malam hari. Sementara pasta memberi mereka karbohidrat yang mereka butuhkan untuk melakukan kerja keras mereka.

Pastitsio

Ini adalah hidangan pasta buatan negara Yunani. Pastitsio bagi orang Yunani seperti lasagna bagi orang Italia. Sedangkan bagi orang Amerika, hidangan satu ini bak mac and cheese.

Lapisan pasta tubular begitu aromatik, kaya akan rasa, dan lengket dalam saus hangat. Bahan-bahan pembuat pasta ini terdiri terdiri dari tomat dan daging domba giling. Sedangkan di atasnya diberi saus béchamel dan taburan parutan kefalotyri atau keju kasseri.

Pastitsio merupakan salah satu pasta yang paling populer di Yunani. Cara membuatnya pun tergolong mudah. Tak hanya itu, menu satu ini juga mudah ditemui di berbagai restoran di Yunani.