Yuk, Manfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK)

SekolahNews — Mungkin hanya sedikit dari kita yang mengenal Balai Latihan Kerja (BLK) atau cuma pernah mendengar saja tanpa mengetahui manfaatnya.

Balai Latihan Kerja atau sering disebut dengan singkatan BLK adalah prasarana dan sarana tempat pelatihan untuk mendapatkan  keterampilan atau yang ingin mendalami keahlian dibidangnya masing-masing.

BLK ini ada yang dikelola oleh negara dan swasta atau disebut Lembaga Pelatihan Kerja (LPKS).

Baca juga: Industri Kelas Dunia Puji Kemampuan Pelajar Indonesia

Tujuannya adalah untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan mengurangi tingkat penggangguran.

Menteri Ketenagakerjaan Ida menegaskan selaras dengan kebijakan Presiden RI untuk menjadikan tahun 2019 dan seterusnya sebagai tahun pengembangan SDM, Kemenaker telah memfasilitasi masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan keterampilan (skilling), alih keterampilan (re-skilling), maupun menambah keterampilan (up-skilling) di instasi pelatihan vokasi yakni di 305 BLK Pemerintah, 5.020 LPKS, 109 Lembaga Pelatihan K/L lain, 1.799 Training Center (TC) Industri, dan 1.113 BLK Komunitas.

Kejuruan apa saja yang ada di BLK?

Kejuruan nya bisa dibilang sangatlah banyak dengan sub kejuruan nya juga, diantaranya:

– Teknik Elektronika
– Teknologi Informasi dan Komunikasi
– Teknik Manufaktur
– Teknik otomotif
– Teknik Komputer
– Tata Busana
– Tata Graha
– Tata Boga

Baca juga: Perkenalkan ELANG HITAM, Drone buatan Indonesia

dan masih banyak lagi tentunya, belum dengan sub kejuruannya yang bermacam-macam, bahkan di beberapa BLK juga ada yang memfasilitasi keahlian dalam bidang bahasa asing seperti diantaranya bahasa inggris, bahasa jepang, dan bahasa korea.

Karena peserta pelatihannya terbatas, kamu bisa tanya lebih langsung pada mentor yang menangani pelatihanmu. Sekilas mirip dengan les privat. Peserta yang terbatas di setiap kelasnya bertujuan untuk membuat kamu lebih banyak menyerap materi. Selain itu, jangka waktunya juga terbatas yakni maksimal berkisar antara 1 hingga 6 bulan, jadi maksimalkan pelatihan yang kamu dapatkan selama jangka waktu tersebut.

Ketika lulus nanti, kamu akan diberi sertifikat pelatihan. Sekilas sertifikat yang diberikan mirip dengan ijazah karena memuat nilai dari pelatihan yang kamu ikuti selama ini.

Sertifikat ini bisa menjadi bukti kalau kamu sudah berkompetensi dan pernah mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja dan lebih meyakinkan perusahaan yang kamu tuju ketika melamar pekerjaan. 

Apa ada biaya untuk mengikuti program pelatihan di BLK?

Tidak ada alias GRATIS biayanya. dari mulai pendaftaran, pelatihan, sampai selesai juga semua nya tidak dikenakan biaya sama sekali.

Bagaimana jika ingin mengikuti program pelatihan BLK ini?
Baca juga: 5 Cara Mempersiapkan Generasi Gerdas Digital

Silakan tanyakan langsung ke BLK terdekat, karena ada beberapa BLK yang melakukan pendaftaran via online. Disamping itu kadang kala persyaratan antar BLK berbeda. Saat sudah hampir semua kota terdapat BLK.

Jika sudah mendaftar, maka kita tinggal menunggu jadwal tes dan seleksi.

Yuk… kita manfaatkan kesempatan ini.