Rahasia Awet Muda dan Panjang Umur: Karate

SekolahNews – Okinawa memiliki populasi kaum lansia paling aktif di seluruh dunia. Prefaktur di bagian paling selatan dari Jepang ini terdiri dari 106 pulau yang berbatasan dengan samudera pasifik dan terletak di iklim subtropis. 

Penduduknya yang ramah menjadikannya tempat yang baik untuk hidup dan untuk waktu yang sangat lama.

Dan tepatnya di pulau-pulau tropis Jepang di abad ke-19 inilah karate lahir. Namanya merupakan gabungan dari kata ‘Kara’, yang berarti kosong, dan ‘Te’ yang berarti tangan, yang memberikan makna seni bela diri ini dilakukan dengan tangan kosong.  

Baca juga: Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Berolahraga Meskipun Sedang Datang Bulan

Pada tahun 2020 untuk pertama kalinya Karate secara resmi akan dijadikan cabang olahraga Olimpiade. Antusiasme datang dari seluruh dunia, menganggap pulau ini sebagai tempat kelahirannya.

“Orang-orang dari Okinawa melatih pikiran dan jiwa mereka melalui karate. Dan keadaan pikiran inilah sebenarnya yang menjadikan pesona tersendiri dari Karate. Menjadi kuat secara fisik saja tidak cukup,” kata seorang anggota dewan direktur Federasi Okinawa Karate-Do Federation , Yoshimitsu Matsusaki. 

Baca juga: 5 Olahraga Ini Jadi Favorit Milenial

Ada 430 dojo kecil tempat Anda bisa berlatih Karate di kepulauan Okinawa. Bahkan para pemula juga dapat mempelajari gagasan pertama dari disiplin ini setelah pelatihan selama beberapa jam.

“Kita harus mendominasi rasa takut dan kegagalan. Dan mental kita harus kuat untuk bisa berhasil,” kata Matsusaki.
Kekuatan destruktif Karate sudah dikenal, tetapi maknanya lebih dari itu.  

(Andri Mufid)

(Naskah: Euronews.com & Foto: Martialtribes.com)