Studi: Najwa Shihab Ternyata Memiliki DNA dari 10 Etnis Berbeda

SekolahNewsNajwa Shihab yang secara fisik menampilkan keturunan ras Arab, ternyata memiliki DNA lebih dari 10 etnis berbeda. Sebuah penelitian tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dipulikasikan di The Conversation pada Oktober 2018 menyajikan fakta mengejutkan.

Penelitian ini merupakan Kolaborasi majalah sejarah Historia.id dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dilakukan sepanjang bulan Juli hingga September 2019.

Peneliti mengambil sampel DNA dari 16 responden dari penjuru Indonesia, di mana sampel-sampel itu menjalani beragam tes berbeda.

Baca juga: Ternyata Ini Asal Usul Bangsa Indonesia

Dari 16 responden tersebut, beberapa di antaranya adalah figur publik seperti jurnalis televisi Najwa Shihab, vokalis Noah Nazril “Ariel” Irham, dan sutradara film Riri Riza. Selain itu ada juga politikus seperti sekretaris jenderal PDIP Hasto Kritiyanto.

Menurut hasil penelitian tersebut, seluruh responden setidaknya memiliki dua jejak genetik dari kelompok etnis berbeda di penjuru Bumi.

Hasil tes DNA Najwa Shihab (sumber FB Aldie El Kaezzar )

Najwa Shihab misalnya, yang kerap kali dianggap sebagai keturunan Arab murni rupanya memiliki 10 pecahan DNA dari berbagai etnis.

Unsur genetik Timur Tengah di dalam tubuhnya hanya menyumbang 3,48 persen dari total struktur DNA Najwa. Malah justru yang dominan adalah gen Afrika Utara (26,81 persen) dan Asia Selatan (48,54 persen).

Sedangkan sutradara film Riri Riza, setidaknya memiliki leluhur dari empat etnis berbeda, yakni kelompok etnis yang tersebar di asia (Asia-Amerika), Timur Tengah, Asia Timur dan juga Asia Selatan, etnis terakhir menyumbang 46,24 persen dari total struktur DNA Riri.

Jadi, berdasarkan penelitian tersebut tidak ada responden yang merupakan penduduk Indonesia pada era sekarang benar-benar Asli Indonesia.

Dengan demikian dikotomi antara Pribumi dan Non-Pribumi di Indonesia semakin tipis atau bahkan sudah tidak ada sama sekali.