10 Aplikasi Edukasi untuk Tingkatkan Prestasi, Coba Gens!

SekolahNews — Ada banyak aplikasi edukasi untuk para pelajar yang seru dan mengasyikan yang bisa kamu instal di smartphone kamu. Dengan adanya aplikasi untuk belajar di smartphone maka kamu dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dan produktif.

Berikut 10 aplikasi edukasi yang sudah SekolahNews himpun dari berbagai sumber biar dirimu lebih semangat untuk meningkatkan prestasi. Kuy gens!

Baca juga: Mantap! 6 Aplikasi untuk Anak ini Ternyata Buatan Indonesia
1. Anatomy Learning – 3D Atlas
by google play

Buat kamu pecinta pelajaran IPA khusus bidang anatomi tubuh, pastinya kamu akan sangat menyukai aplikasi bernama Anatomy Learning – 3D Atlas satu ini. Sesuai dengan namanya, Anatomy Learning merupakan atlas yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui letak, bentuk, serta fungsi bagian-bagian tubuh manusia.

Dengan aplikasi ini kamu nggak pelu membeli tabel ataupun buku anatomi untuk mempelajari anatomi dengan mudah dan mengasyikkan.

2. Biologi SMA
google play

Aplikasi Biologi SMA adalah aplikasi berisi materi biologi tingkat SMA baik materi biologi kelas X, XI, dan XII IPA. Belajar melalui aplikasi ini tidak akan membosankan seperti belajar pada buku, pasalnya aplikasi Biologi SMA ini memiliki desain yang enak di lihat sehingga tidak jenuh ketika sedang menggunakan aplikasi Biologi SMA.

Belajar biologipun akan sangat mengasyikkan. Ketika belajar dirumah, kamu nggak perlu lagi menenteng buku biologi yang tebal kemana-mana, cukup dengan smartphone yang telah terinstal aplikasi Biologi SMA maka kamu akan mudah mempelajari biologi dimana saja dan kapan saja.

3. U-Dictionary: Translate & Learn English
by google play

Salah satu kelebihan U-Dictionary ini adalah mampu membantu kamu menerjemahkan bahasa Inggris dimanapun dan kapanpun. Saat kamu kesulitan untuk memahami bahasa Inggris yang tertera dipapan pengumuman, kamu cukup scan kalimat yang tidak kamu mengerti tanpa perlu repot-repot mengetik ulang, pengertiannya pun langsung muncul dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, U-Dictionary juga dilengkapi dengan fitur Voice Translate yang bisa menerjemahkan per kata atau frase. Jadi cukup dekatkan speaker ke suara pembicara, maka secara otomatis U-Dictionary akan menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa mana pun yang kamu pilih. Wow mudah kan?

4. Kamus Lengkap Istilah Fisika
by google play

Siapa nih yang sering jeblok nilai fisikanya? Nah untuk meningkatkan nilai fisikamu, maka kamu wajib instal aplikasi Kamus Lengkap Istilah Fisika ini di Android kamu. Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang perumusan benda, pergerakan, kecepatan dan masih banyak lagi.

Dalam ilmu fisika banyak sekali istilah istilah yang harus kita pelajari dengan baik dan benar sehingga bila memecahkan suatu masalah dapat terselesaikan. Nah di aplikasi ini, kamu dapat mendapatkan semua penjelasan tentang istilah-istilah fisika yang sering membuat kita keliru dan pusing.

5. Rumus & Materi Fisika Lengkap
by google play

Selain aplikasi Kamus Lengkap Istilah Fisika ada juga aplikasi Rumus & Materi Fisika Lengkap yang kamu bisa instal di smartphonemu dengan gratis. Aplikasi ini merupakan rangkuman materi dan rumus fisika untuk siswa/siswi SMP dan SMA.

Semua pembahasan materi diberikan secara singkat dan padat serta rangkuman rumus yang lengkap. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah siswa/siswi dan guru dalam mempelajari pelajaran fisika di mana pun dan kapan pun.

6. Smart Chemistry (Pintar Kimia)
by google play

Pintar Kimia adalah aplikasi yang diisi beragam jenis masalah kimia beserta kajian. Aplikasi ini dapat sediakan beragam jenis contoh ikhtisar serta percobaan dalam sebagian bab.

Aplikasi ini berisi sejumlah pertanyaan beserta jawabannya. Tidak hanya jawaban, tetapi juga disertai dengan penjelasan lengkap tentang teori dan formula yang mendukung jawaban serta gambar-gambar yang membuatnya begitu mudah dipahami oleh siswa.

Jadi, dengan memakai aplikasi ini kita dapat mengasah skill kita mengenai pelajaran kimia, dan dapat memberi wawasan tentang beragam bab yang belum kita kenali.

7. Aku Pintar – Aplikasi Pendidikan Terlengkap
by google play

Keunggulan utama aplikasi Aku Pintar ini adalah memberikan tes minat dan bakat secara gratis dan dikemas dengan tampilan interaktif serta akses mudah dan menyenangkan. Hasil tes penelusuran minat dan bakat dapat menjadi acuan bagi siswa, misalnya siswa SMP akan memilih sekolah kejuruan (SMK) yang tepat

Selain itu, Aplikasi ini juga akan membantu siswa SMA dalam memilih jurusan yang diminati, baik IPA, IPS atau Bahasa. Demikian pula, ketika lulus, siswa dapat memilih jurusan atau program studi saat akan melanjutkan pendidikan di jenjang Perguruan Tinggi.

Aplikasi Aku Pintar juga menyediakan materi pelajaran dan soal-soal latihan untuk kelas 7 hingga kelas 12 berikut penjurusannya secara daring sehingga siswa dapat mengerjakan soal latihan hanya berbekal telepon pintar dan akses internet.

8. Star Chart
by google play

Buat kamu yang suka ilmu astronomi dan suka melihat bintang, adalah yang tepat buat kamu menginstal aplikasi Star Chart di HP android kamu. Dengan aplikasi ini kamu dapat memiliki planetariun virtual di genggaman kamu. Atau bisa dibilang, dengan Star Chart kamu bisa melihat posisi inti galaksi Milky Way. Paling menarik dari Star Chart adalah bagian galaksi Milky Way. Kamu bisa melihat dimana posisi tengah galaksi Bima Sakti saat ini.

Dengan Star Chart, kamu dapat melihat dan mempelajari ribuan bintang, konstelasi, planet, dan bahkan bulan. Yang harus kamu lakukan adalah mengarahkan perangkat android kamu ke langit dan aplikasi Star Chart akan menjelaskan dengan tepat apa yang kamu lihat. Star Chart akan memberikan data seperti jarak sebuah bintang, nebula dan lainnya.

9. Pendidikan Kewarganegaraan
by google play

Jangan remehkan pelajan PKN disekolahmu guys sebab pelajaran PKN sangatlah penting bagi warga Indonesia. Pasalnya Pendidikan kewarganegaraan atau PKN dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Belajar dengan buku yang tebal mungkin akan membuatmu cepat merasa bosan, tapi dengan aplikasi Pendidikan Kewarganegaraan, belajar PKN akan lebih menyenangkan. Selain itu, kamu juga bisa belajar kapanpun dan dimanapun yang kamu mau hanya lewat smartphone yang sudah terinstal aplikasi Pendidikan Kewarganegaraan.

10. Cerdasional – Paket Belajar Lengkap SD SMP SMA
by google play

Aplikasi untuk para pelajar untuk meningkatkan prestasi selanjutnya adalah aplikasi Cerdasional. Cerdasional adalah aplikasi pendidikan yang menyajikan berbagai macam manfaat edukasi untuk menunjang belajar pengguna sangat cocok untuk anak sekolahan yang berada di Indonesia. Belajar jadi lebih mudah dengan aplikasi Cerdasional.

Baca juga: Aplikasi Rumah Belajar Sekarang Tersedia dalam versi Android

Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur yang bermanfaat dan juga sangat menarik seperti fitur belajar yang menyediakan bacaan-bacaan yang menarik untuk dibaca dan di pelajari, seperti Tokoh Pahlawan, tokoh penemu, kamus, Kata Mutiara, Panduan Pramuka, Kisah 25 Nabi, Peribahasa, Kisah Teladan, UUD 1945, Cerita rakyat, pancasila, lagu wajib indonesia, provinsi di Indonesia, Negara dan ibukotanya, Presiden Indonesia, Hari Nasional dan masih banyak lagi.