25 Etiket dalam Kehidupan yang Sering Diabaikan

SekolahNewsEtiket adalah tata cara dan sopan santun dalam masyarakat beradab untuk memelihara hubungan baik antar sesama. Sayangnya, banyak orang yang melupakan etiket dalam bersikap sehari-hari.

Aturan dasar etiket cukup sederhana. Intinya ada pada budaya berbicara, sopan santun, penampilan rapi, dan kontrol atas emosi Anda. Menurut artikel yang dilansir dari Brightside pada Kamis (9/6/2016), ada 25 etiket penting yang seharusnya dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Jika Anda mengatakan, ‘Saya mengundang Anda,’ berarti Anda akan membayar. Jika Anda berkata, ‘Mari kita pergi ke restoran’ maka dalam hal ini, semua orang membayar untuk diri mereka sendiri. Jika seorang pria menawarkan untuk membayar seorang wanita, maka wanita tersebut boleh setuju dan boleh tidak setuju.
  2. Jangan pernah berkunjung tanpa menelepon dahulu. Jika seseorang datang untuk berkunjung tanpa peringatan, Anda bisa saja sedang mengenakan jubah mandi dan sedang mengeringkan rambut.
  3. Jangan meletakkan ponsel Anda di atas meja di depan umum. Jika Anda melakukan hal ini, Anda menunjukkan betapa pentingnya peran gawai dalam hidup Anda, bagaimana Anda sedang bosan terhadap hal-hal yang sedang terjadi di sekeliling Anda dan Anda siap menghentikan percakapan tak berguna untuk memeriksa akun media sosial Anda.
  4. Jangan mengundang seorang gadis berkencan jika Anda hanya akan memegang gawai Anda sepanjang malam.
  5.  Seorang pria tidak pernah membawa tas tangan wanita. Namun, ia boleh mengambil mantelnya untuk membawanya ke tempat menggantung jas.
  6. Jika Anda sedang berjalan bersama dengan seseorang dan teman Anda menyapa orang yang Anda tidak tahu, Anda juga harus menyapa mereka.
  7. Kebanyakan orang percaya bahwa satu-satunya cara yang tepat makan sushi adalah dengan menggunakan sumpit. Namun, ini benar-benar tergantung. Pria, tidak seperti wanita, bisa makan sushi dengan tangan mereka.
  8. Sepatu Anda harus selalu bersih.
  9. Jangan melakukan percakapan penting di telepon. Jika Anda membutuhkan seseorang untuk diajak bicara, lebih baik untuk bertemu dengan mereka secara pribadi.
  10. Jika seseorang menyinggung Anda, Anda tidak harus membalas atau menaikkan suara Anda terhadap orang yang menghina Anda. Jangan rendahkan diri Anda ke level mereka. Tersenyumlah dan tinggalkan orang tersebut dengan sopan.
  11. Seorang pria harus selalu berjalan di sebelah kiri wanita. Orang militer adalah satu-satunya pengecualian, karena mereka harus selalu siap untuk memberi hormat.
  12. Para pengendara harus mengingat bahwa menyetir genangan air sampai mengenai pejalan kaki adalah perilaku amoral.
  13. Sembilan hal yang harus dirahasiakan: umur, kekayaan, pertengkaran keluarga, agama, masalah medis, urusan cinta, hadiah, kehormatan, dan aib.
  14. Saat hendak menuju tempat duduk Anda di bioskop, teater, atau aula konser, Anda harus berjalan menghadap orang-orang yang sudah terlebih dahulu duduk. Pria berjalan di depan wanita.
  15. Pria tidak boleh menyentuh wanita tanpa permisi. Ini berarti bahwa Anda tidak diperbolehkan untuk memegang tangan seorang wanita, menyentuhnya selama percakapan, dan mendorongnya atau mengambil tangannya di atas siku, kecuali untuk membantu dia untuk masuk ke dalam atau keluar dari mobil, atau menyeberang jalan.
  16. Jika seseorang memanggil Anda dengan tidak sopan, Anda boleh tidak menjawab. Jadilah contoh akan perilaku beretiket dengan perilaku sosial yang sopan.
  17. Pria yang dibesarkan dengan baik akan selalu menunjukkan rasa hormat terhadap wanita.
  18. Di hadapan wanita, pria harus selalu meminta izin jika ingin merokok.
  19. Siapa pun Anda — seorang direktur perusahaan, akademisi, seorang wanita tua, atau mahasiswa — ketika Anda memasuki ruangan, Anda harus menjadi orang pertama untuk menyapa semua orang di sana.
  20. Hormati privasi setiap orang. Orang tua seharusnya tidak membaca surat-surat anak-anak mereka. Pasangan harus menunjukkan rasa hormat yang sama satu sama lain. Memeriksa kantong seseorang untuk mencari surat cinta, surat, dan hal-hal lain adalah tindakan yang sangat tidak sopan.
  21. Tak perlu terlalu memaksa diri dalam fashion. Lebih baik memakai pakaian yang sopan dan layak, meskipun tidak trendi, daripada terlihat tak cocok dalam pakaian fashionable terkini.
  22. Jika Anda dimaafkan setelah Anda meminta maaf, jangan lagi membahas hal tersebut hanya untuk menjelaskan permintaan maaf Anda. Yang penting adalah Anda tak lagi mengulanginya di masa depan.
  23. Hindari tertawa dan berbicara terlalu keras, serta menatap orang yang tak dikenal.
  24. Etiket di meja makan:
  25. Jangan lupa mengucapkan terimakasihkepada orang yang Anda cintai, kerabat, dan teman-teman. Mereka membantu Anda bukan karena mereka harus, mereka melakukannya karena ingin. Tunjukkan bahwa Anda menghargai mereka.

Sumber: www.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.