3 Pemain Euro 2021 Bergelar Magister dengan Predikat Cum Laude

Sekolahnews.com – Gelaran Piala Eropa atau Euro 2021 sudah dimulai. Even empat tahunan yang sempat tertunda setahun karena pandemi Covid-19 ini akan menjadi saksi di mana sejarah sepak bola akan tercipta lagi di Eropa.

Namun siapa sangka, di antara talenta-talenta di dunia “kulit bundar” ini, ada pemain yang memiliki latar belakang pendidikan cukup tinggi alias berotak moncer. Patut dicatat, dari antara mereka yang akan berlaga, bahkan ada yang bergelar master dengan predikat Cum Laude.

Berikut ini tiga pemain yang berlaga di Euro 2021 bergelar magister Cum Laude:

Simon Mignolet

Simon Mignolet punya perjalanan karier yang terbilang cukup istimewa. Kiper Timnas Belgia ini merupakan kiper Liverpool sebelum memutuskan pulang ke kampung halaman pada 2019. Ia memilih memperkuat salah klub di Belgia, Club Brugge, setelah tujuh musim bersama The Reds.

Di bangku kuliah, Mignolet lulus jurusan Ilmu Politik dari Catholic University of Leuven, Belgia. Ia merupakan pemain dengan latar belakang pendidikan yang terbilang tinggi. Bahkan, ia menguasai empat bahasa, yaitu Inggris, Jerman, Perancis, dan Belanda.

Giorgio Chiellini

Sebagai pemain sepak bola, Giorgio Chiellini memang tidak lagi tergolong muda. Namun di gelaran Euro 2021 ini, ia masih dipercaya pelatih timnas Italia, Roberto Mancini. Selama ini Chiellini dikenal sebagai bek Juventus dan sukses membawa tim Nyonya Besar 9 kali juara Liga Italia secara berturut-turut.

Di bidang pendidikan, Chiellini termasuk yang berotak moncer. Ia tercatat sebagai lulusan magister (S2) jurusan Administrasi Bisnis di University of Turin pada 2017. University of Turin adalah salah satu universitas negeri terbaik di Italia dan Eropa.

Saat lulus dari almamaternya, Chiellini bahkan mendapat predikat Cum Laude karena nilainya nyaris sempurna. Tesisnya pun berbau sepak bola dan berjudul “Model Bisnis Juventus Football Club dalam Konteks International”.

Romelu Lukaku

Striker Inter Milan, Romelu Lukaku bukan pesepak bola biasa. Ia berhasil menguasai lima bahasa yakni, Inggris, Spanyol, Belanda, Perancis dan Portugis. Ia juga mengerti bahasa Jerman dan Swahilli. Di bidang pendidikan, ia juga memegang gelar sarjana pariwisata dan hubungan masyarakat dari universitas di Belgia.