4 Fakta Unik Pancake

Pancake umumnya berbentuk kue dadar bundar yang dapat ditumpuk maupun digulung serta dilengkapi dengan berbagai topping manis seperti madu, ice cream ataupun coklat yang digemari banyak kalangan. Pancake saat ini menjadi sajian yang tidak asing lagi. Dinikmati dengan segelas kopi dan teh, Pancake cocok menjadi pilihan saat sarapan pagi, dessert maupun kudapan sore hari.

Berikut fakta unik mengenai Pancake:

• Populer di Daratan Eropa dan Amerika

Menu ini ternyata sangat populer di daratan Eropa dan Amerika mengingat bahwa ternyata banyak negara di dua benua tersebut yang memiliki varian versi yang berbeda-beda. Tentunya dengan perbedaan hal tersebut, kita akan semakin menyadari bahwa setiap hidangan ternyata menawarkan sensasi menikmatinya secara berbeda-beda dan luar biasa.

• Bukan Berasal dari Belanda

Penggunaan kata ‘Dutch’ membuat masyarakat kerap mengira camilan ini berasal dari Belanda. Namun, tahukah kamu bahwa Baby Dutch merupakan camilan yang berasal dari Jerman dan mulai popular sejak 1942? Penggunaan kata Dutch kemungkinan ada kaitannya dengan sebutan “Deutschland” yang sering digunakan sebagai nama lain Jerman.

• Sejarah Asal Mula Pancake

Sejarah dari pancake ternyata bermula sejak zaman romawi kuno dulu yang sering mengonsumsi kue gepeng dengan bentuk yang bundar dan rasa yang manis, hidangan ini kemudian disebut dengan Alita Dolcia yang bermakna makanan manis. Bahan pembuatannya juga mirip dengan pancake dan dipanggang pada wajan ceper.

Sejak zaman ini, hidangan ala pancake juga sudah mulai ditambahkan sirup sebagai topping nya. Makanan manis ini ternyata juga menyebar dan populer di Eropa Timur sejak tahun 1430-an dan menjadi makanan khas disana.

• Penyajian Pancake

Seperti halnya hidangan populer lain, setiap negara memiliki cara penyajian yang berbeda-beda pula. Sebut saja Jerman yang lebih identik mengkategorikan pancake sebagai hidangan penutup dengan isian yang gurih, namun sensasi yang manis dari topping sirup, Amerika yang menyantap pancake sebagai menu sarapan, atau Skotlandia yang memilih pancake sebagai menu selingan di sore hari.