5 Besar Penguasa Pasar Smartphone Indonesia 2019, No. 1 Mengejutkan!

SekolahNews — Lembaga riset Canalys merilis data 5 besar penguasa pasar smartphone di Indonesia pada kuartal ketiga 2019 ini. Hasilnya sungguh mengejutkan, sang raja ponsel pintar asal negeri gingseng, Samsung Corp. harus rela menyerahkan singgasananya kepada vendor asal Cina, Oppo.

Yang sungguh menyesakkan Samsung, dia harus berada diposisi ketiga dibawah Xiaomi yang menempati urutan kedua terbanyak memasok ponsel pintarnya ke pasar Indonesia.

Baca juga: Ini Dia Bocoran Huawei Mate 30
 5 Besar Penguasa pasar ponsel Indonesia Q3 2019 versi perusahaan riset Canalys

Oppo melompat dari urutan ketiga di periode yang sama tahun lalu. Saat ini Oppo memiliki market share 23 persen dengan peningkatan 47% dari tahun sebelumnya.

Masih seperti tahun lalu, di peringkat kedua ada Xiaomi. Dengan peningkatan 22% dari tahun sebelumnya membuat perusahaan besutan Lei Jun itu punya market share 22%.

Kendati mengalami peningkatan 16% dalam hal pengapalan unit smartphone, penurunan pangsa pasar Samsung di Indonesia ini cukup signifikan, karena pada periode yang sama 2018 produsen ponsel terbesar di dunia ini masih berada di urutan pertama dengan pasar sebesar 23,6 persen.

5 Besar Penguasa pasar ponsel Indonesia 2018 versi perusahaan riset Canalys
Baca juga: Garmin Rilis 3 Seri Smartwatch Baru

Pada kuartal tiga 2019, vendor asal Korea Selatan ini hanya mampu merengkuh pasar smartphone di Indonesia sebesar 21%.

Data Canalys menyebutkan, dari lima vendor utama, brand Vivo yang mengalami pertumbuhan secara signifikan, mencapai 74%. Posisinya di peringkat empat dengan market share 17%.

Posisi kelima atau juru kunci ditempati pendatang baru di pasar ponsel pintar Indonesia, Realme. dengan pangsa pasar 11%.