5 Penemuan Kuno yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kini

Sekolahnews.com – Para peneliti hingga saat ini masih melakukan penelusuran tentang keberadaan jejak sejarah manusia yang masih belum terungkap. Meski sudah melakukan pengamatan mendalam, para arkeolog dan sejarawan belum bisa mengungkap fakta penuh di baliknya sehingga masih menyisakan misteri.

Penemuan benda-benda sisa sejarah tersebut berupa catatan, peralatan, hingga bangunan. Ada yang berasal dari sebelum 0 SM sehingga arkeologi serta pemahaman untuk era tersebut seringkali masih menyisakan kesenjangan.

Daripada mengungkap lebih dalam fakta-fakta di balik penemuan kuno, beberapa sejarawan dan cendekiawan mengatasi kesenjangan ini dalam sejarah dengan menyangkal atau menantang teori yang ada sehingga mengakibatkan perdebatan sengit di antara para ahli.

Apa saja penemuan-penemuan kuno tersebut? Melansir dari World Atlas, berikut lima penemuan kuno yang masih menyisakan misteri hingga saat ini:

1. Patung Tentara Terakota
Patung Tentara Terakota berada di dekat makam kaisar pertama Tiongkok, Qin Shi Huang. Patung-patung yang meliputi tentara, kuda, dan kereta ini diperkirakan sudah ada sekitar tahun 210 SM.

Sebanyak 8.000 patung terakota ini menampilkan wajah yang berbeda dengan detail yang cukup rumit. Patung-patung tentara terakota pun terlihat memakai baju besi dan persenjataan yang memberikan kesan artistik dan keahlian tinggi dari seniman yang membuatnya.

Akan tetapi, para seniman yang ada di balik patung terakota ini belum terungkap hingga saat ini. Selain itu, teknik dan tempat pembakaran yang digunakan untuk membakar patung terakota belum teridentifikasi, sehingga menambah misteri di balik patung ini.

2. Stonehenge
Stonehenge adalah monumen prasejarah yang berada di Wiltshire,Inggris. Stonehenge berupa batu-batu berdiri dan bercincin yang beratnya bisa mencapai 25 ton. Para peneliti memperkirakan batu tersebut berasal dari tahun 3000 SM.

Situs ikonik ini telah membingungkan para peneliti selama berabad-abad karena tujuan sebenarnya dari Stonehenge tetap sulit dipahami. Namun, penemuan arkeologi baru-baru ini, seperti situs pemakaman terdekat dan monumen Tembok Durrington sedikit membuka petunjuk baru tentang sejarah Stonehenge dan masyarakat yang membangunnya.

3. Sphinx Agung Giza
Patung yang terbuat dari batu kapur kolosal dengan tubuh singa dan kepala manusia ini adalah monumen paling ikonik di Mesir. Para peneliti meyakini bahwa bangunan ini telah ada telah sejak tahun 2500 SM.

Dalam mengidentifikasi tujuan yang sebenarnya dari Sphinx ini masih menjadi bahan perdebatan para peneliti. Beberapa peneliti berpendapat bahwa Sphinx diciptakan sebagai penjaga piramida di dekatnya, yang lainnya berpendapat bahwa itu mungkin memiliki makna astronomi atau religi yang lebih mendalam

4. Gua Longyou
Gua Longyou merupakan sebuah kompleks gua buatan manusia yang terletak di Provinsi Zhejiang, China. Diperkirakan keberadaannya sudah ada sejak 2.000 tahun yang lalu. Sebuah teori yang berlaku mengatakan bahwa Gua Longyou berfungsi sebagai tambang, tetapi langit-langitnya yang tinggi, ukiran yang rumit, pilar yang kokoh, dan terowongan yang saling berhubungan memberi alasan untuk mencurigai fungsi lain dari gua ini.

Hal yang masih belum terungkap secara pasti dari gua ini antara lain Identitas pembuat, alat dan teknik yang mereka gunakan, serta fungsi dari gua-gua tersebut. Selain itu, tidak adanya catatan sejarah atau prasasti di situs tersebut menambah misteri dan teka-teki para peneliti.

5. Gobekli Tepe
Göbekli Tepe merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di Turki dan diperkirakan sudah ada sejak periode Neolitik Pra-Tembikar pada tahun 9600 SM. Situs ini terdiri dari beberapa kandang melingkar dengan masing-masing berisi pilar batu kapur besar berbentuk T yang tingginya mencapai 19 kaki.

Tujuan dari Göbekli Tepe masih belum pasti, tetapi teori yang berlaku menyatakan bahwa keberadaannya pernah digunakan sebagai kuil, pusat upacara, atau tempat pertemuan sosial.

Nah, itulah lima penemuan kuno yang masih menyisakan misteri hingga saat ini. Apa penemuan yang paling membuatmu penasaran?(detik.com).