5 Sajian Ayam Goreng Terlezat di Dunia

Walaupun mempunyai kadar minyak yang tinggi, ayam goreng yang lezat dan renyah mampu menjadi makanan favorit yang dapat dinikmati oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia. Tidak heran jika kamu dapat menemukan berbagai resep terbaik untuk membuat ayam goreng. 

Dilapisi dengan saus pedas dan manis, dibuat menggunakan rempah dan bumbu tradisional, sampai dengan digoreng ganda mampu menampilkan fleksibilitas dan daya tarik dari hidangan ayam goreng. Kamu dapat memanjakan diri dengan memesan salah satu varian ayam goreng lezat dari berbagai negara berikut ini.

1. Yangnyeom Chicken – Korea Selatan 

Dengan menggunakan metode double-fry, ayam goreng ala Korea mampu menawarkan kerenyahan yang disukai oleh seluruh kalangan masyarakat. Seringkali, kamu dapat menemukan kenikmatan ayam yang dilapisi rasa manis dan pedas dengan menggunakan bahan gochujang yang seringkali disebut sebagai varian rasa yangnyeom.

Setiap menu ayam goreng akan disajikan bersama acar lobak dan mentimun sehingga kamu dapat menemukan kesegaran ketika menikmati makanan berat tersebut, padukan dengan meminum bir dingin untuk mencoba budaya chimaek.

2. Karaage – Jepang 

Street food yang berasal dari Jepang ini telah dikenal luas melalui tesktur ringan dan tidak terlalu berminyak dibandingkan dengan jenis ayam goreng lainnya. Karaage dibuat menggunakan potongan daging dari paha ayam sehingga kamu dapat menemukan aroma harum dan kompleksitas rasa yang lezat. 

Salah satu inovasi dari karaage adalah nankotsu karaage yang dibuat menggunakan tulang rawan dari dada ayam yang akan dimarinasi dengan kecap, jahe, dan bawang putih. Sajikan karaage dengan irisan lemon, saus mustard ataupun salad dingin.

3. Ayam Goreng – Indonesia 

Serai, kunyit, lengkuas, dan bawang merah menjadi salah satu rempah yang seringkali digunakan untuk membuat ayam goreng khas Indonesia. Faktanya, kamu dapat menikmati cita rasa ayam yang kompleks dari kulit sampai dengan tulang sehingga kamu tidak perlu menambahkan saus dan bumbu lainnya, lho!

Walaupun setiap keluarga di Indonesia mempunyai resep rahasia masing-masing untuk membuat ayam goreng, kamu dapat tetap menemukan kulit ayam yang renyah dan krispi pada setiap wilayahnya. Bahkan, ayam goreng tersebut seringkali dinikmati bersama nasi goreng dan nasi kelapa yang harum sebagai pelengkap dari hidangan tersebut. 

4. Buffalo Wings – Amerika 

Sejak pertama kali disajikan pada tahun 1964 di Anchor Bar yang dapat kamu temukan ketika berkunjung ke New York, Buffalo Wings mampu menarik perhatian masyarakat melalui perpaduan rasa pedas dan tajam melalui penggunaan rempah-rempah dan bumbu tradisional selama proses pembuatannya. 

Kamu dapat menjadikan buffalo wings sebagai hidangan pembuka ataupun memadukannya dengan seporsi nasi putih yang panas. Rahasia penting dari membuat buffalo wings yang lezat adalah menggunakan bumbu tradisional, di mana ayam tersebut akan digoreng setelah dicelupkan ke dalam saus cabai rawit.

5. Popcorn Chicken – Taiwan 

Ayam goreng khas Taiwan menjadi salah satu street food populer yang telah diperkenalkan sejak tahun 1992. Selain menampilkan tekstur potongan ayam yang ringan dan renyah, kamu juga dapat menemukan aroma harum melalui penyajian daun kemangi goreng yang wajib kamu coba saat berjalan-jalan di Taiwan, yah!

Dengan adanya potongan ayam berukuran kecil, kamu dapat menemukan setiap gigitan yang renyah dan lembut. Ayam goreng tersebut dibuat menggunakan kecap, jahe, dan 5 bumbu tradisional yang dimasukkan ke dalam adonan tempura sehingga kamu dapat menikmati perpaduan rasa kompleks yang menyegarkan.